31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Sanggar Tari Bougenville Hanya Bayar Pendaftaran Rp100 Ribu, Muridnya Kini 200 Anak

BETANEWS.ID, KUDUS – Suara musik terdengar cukup keras dari Sanggar Tari Bougenville, Jalan Pramuka Nganguk, Desa Mlati Lor, Kecamatan/Kabupaten Kudus. musik itu mengiringi puluhan anak yang terlihat sangat antusias mengikuti tarian yang dicontohkan oleh instruktur. Salah satu pengajar itu adalah Etik Dwi Aprili Yanti (44), pemilik Sanggar Senam dan Tari Bougenville.

Usai mengajari para siswa, dirinya sudi berbagi cerita pada betanews.id, soal sangar yang didirikan ibunya pada 1991. Pada waktu itu, sanggar fokus pada kelas senam. Barulah pada 2002 usai dirinya lulus jurusan seni tari di salah satu perguruan tinggi, Ety menambahkan kelas tari.

“Ada banyak macam tarian yang kita ajarkan untuk anak-anak, mulai dari tari tradisional, tari kreasi, hingga tarian modern. Yang biasanya kita buat sendiri untuk koreografinya,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

-Advertisement-

Baca juga: Lestarikan Caping Kalo, PT Nojorono Kudus Persembahkan Tari Cahya Nojorono

Dirinya menambahkan, harapannya sanggar tari itu mampu menjadi salah satu cara untuk melestarikan kesenian terutama dalam tarian. Makanya, dia bangga karena saat ini ada 200 anak yang belajar di tempatnya.

“Harapannya nanti anak saya mampu menjadi penerus Sanggar Tari Bougenville supaya tetap berjalan. Karena sudah banyak anak yang tergabung di dalamnya. Namun, karena tempat yang terbatas biasanya kita akan jadikan dua kloter biar nggak overload,” beber Etik.

Baca juga: Manfaatkan Liburan, Anak-anak Sanggar Budaya Padma Baswara Latihan Tari Tradisional

Ety tidak meminta uang iuran kepada anak-anak yang hendak belajar tari di tempatnya. Biasanya, mereka hanya dikenakan biaya registrasi senilai Rp100 ribu untuk pembelian seragam.

“Kita nggak ada bayar, apa-apa gratis. Hanya bayar registrasi untuk biaya kaus seragam. Latihan tari dilakukan setiap hari Jumat saja, mulai pukul 16.00-17.30 WIB,” ucapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER