31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Anggaran Revitalisai Alun-Alun 1 Jepara Capai Rp4 Miliar, Ini yang Akan Diubah

BETANEWS.ID, JEPARA – Anggaran revitalisasi Alun-Alun 1 Jepara pada Juni 2024 mencapai Rp4 miliar. Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta, mengatakan, revitalisasi tersebut untuk pembaruan sekaligus penataan wajah kota.

Proyek bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tersebut diperkirakan akan selesai selama enam bulan setelah proses lelang selesai. Dalam proses revitalisasi nantinya, ia berpesan agar landmark bertuliskan ‘Alun-Alun 1 Jepara’ tidak dihilangkan serta ditambahi fasilitas bagi penyandang difabel.

“Sebab landmark itu jadi penanda orang dari luar Jepara dan fasilitas untuk disabilitas tetap diperhatikan,” katanya, Rabu (15/5/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Telan Anggaran Rp1,2 M, Perbaikan Jalan Jepara-Kelet Ditarget Rampung Dua Bulan

Selain itu, ia juga meminta agar taman yang berada di sisi barat Alun-Alun agar ditambahi lampu agar menarik saat dikunjungi di malam hari.

“Diberi lampu-lampu menarik, mainnya di lampu, percuma bagus kalau malam tidak terlihat,” tambahnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Jepara, Ary Bachtiar, menambahkan, tahap pengerjaan revitalisasi tersebut akan diawali dengan proses lelang yang rencananya dilakukan pada akhir Mei atau awal Juni.

Anggaran proyek tersebut bersumber dari Bantuan Provinsi (Banprov) Jateng 2024 sebesar Rp4 miliar. Pengerjaan utama dalam proyek revitalisasi tersebut yaitu penggantian dan pelebaran lantai lintasan joging, yang semula keramik akan diganti dengan batu alam andesit.

“Nanti kita ganti dengan material batu alam andesit. Jadi selain cantik, alami, juga nanti lebih awet,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Jepara Lantik 163 Kepala Sekolah Baru, 80 Sekolah Masih Diisi Plt

Selain itu, nantinya juga akan ada penambahan dan perbaikan sarana kursi dan tempat sampah. Taman yang berada di sisi sebelah barat alun-alun nantinya juga akan ikut dalam proyek revitalisasi.

Selain itu ada juga penambahan fasilitas lain, yaitu fasilitas olahraga outdoor hingga ornamen juga aksesoris pelengkap. Menurutnya, tujuan dilakukan penataan ini adalah momentum penataan kota, sebab di daerah-daerah lain juga tengah melaksanakan hal serupa.

“Kami harapkan dengan revitalisasi alun-alun ini menambah kesan indah, cantik wajah Kota Jepara, dan bisa memberikan kenyamanan masyarakat,” terangnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER