31 C
Kudus
Minggu, Mei 19, 2024

Peringati Hari Air, Jampisawan Ajak Pelajar Bersih-Bersih Sungai Juwana

BETANEWS.ID, PATI – Pegiat lingkungan yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampisawan) Pati melakukan bersih-bersih Sungai Juwana, tepatnya di area Jembatan Sampang, Kamis (25/4/2024). Mereka melibatkan pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda.

Puluhan pelajar dari MI Miftahul Huda itu tampak antusias membersihkan Sungai Juwana atau Sungai Silugonggo. Mereka terlihat cekatan memungut berbagai sampah di sekitar Jembatan Sampang. 

Sampah organik maupun nonorganik pun terkumpul. Sebagian sampah yang terkumpul itu, kemudian didaur ulang oleh komunitas tersebut.

Baca juga: Jalan Juwana-Jetak Direncanakan Diperbaiki Pekan Depan

Salah satu siswi, Fika, mengaku ikut bersih-bersih karena ingin Sungai Juwana terlihat lebih bersih. 

”Baru kali ini ikut bersih-bersih sungai. Kalau lihat sungai yang bersih itu senang aja. Kalau ada sampahnya jadi kotor dan perparah banjir,” ujar Siswa kelas 3 MI itu.

Sementara itu Ketua Jampisawan Pati, Sunhadi, mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan ini untuk memperingati Hari Air Sedunia dan Hari Bumi. Pihaknya menggandeng anak sekolah agar mereka peduli lingkungan sejak dini. 

”Karena kepedulian masyarakat terhadap sungai kurang, sehingga kami mengajak anak-anak untuk peduli terhadap sungai. Karena mereka hidup butuh air. Anak-anak sangat merasa senang. Bisa bermain sekaligus membersihkan sampah di sungai,” ungkapnya.

Baca juga: Geram Tak Kunjung Ada Perbaikan, Giliran Jalan Juwana-Jetak Diblokade Warga

Selain mengajak pelajar, pihaknya juga menggandeng dinas terkait dan Madrasah MMH Pucakwangi. Sejumlah penyuluh agama Kantor Kemenag Kabupaten Pati juga diajak dalam acara ini. 

-Advertisement-

”Dengan ada kegiatan ini, kami berpesan kepada masyarakat secara umum untuk menjaga lingkungan, khususnya sungai yang ada di sekitar kita. Karena sungai adalah bagian hidup kita yang harus dijaga,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER