31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Pemkab Kudus Anggarkan Rp6 Miliar untuk Tangani Sampah

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan menggelontorkan anggaran Rp6 miliar untuk pengelolaan sampah, khususnya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo. Mengingat, sampah jadi persoalan serius yang harus secepatnya ditangani.

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie, menyampaikan, salah satu sebab kendala penataan sampah di TPA Tanjungrejo adalah alat berat yang sudah usang dan sering rusak.

Pj Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie bersama Kepala Dinas PKPLH Kudus, Abdul Halil meninjau TPA Tanjungrejo, Senin (22/4/2024). Foto: Rabu Sipan

“Anggaran tersebut nantinya digunakan untuk pembelian dua unit alat berat baru, yakni eskavator dan buldoser,” ujar Hasan saat meninjau TPA Tanjungrejo Kudus, Senin (22/4/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Calhaj Asal Kudus Diprediksi Berangkat Akhir Mei, Jemaah Paling Tua Berusia 85 Tahun

Untuk sementara ini, Hasan sudah mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus untuk mendatangkan alat berat berupa eksavator ke TPA Tanjungrejo, agar penataan sampah bisa kembali normal.

“Sebab yang punya eskavator itu PUPR. Apabila ada eskavator dari PUPR di TPA Tanjungrejo, kendaraan yang akan membuang sampah bisa masuk dan punya space yang maksimal,” bebernya.

Selain itu, kata Hasan, pada Juni 2024 di TPA Tanjungrejo akan dapat bantuan mesin insinerator dari PT Djarum. Mesin tersebut akan difungsikan untuk membakar sampah.

“Diperkiarakan mesin insinerator tersebut mampu membakar kurang lebih 20 ton sampah sehari. Walaupun kita tahu itu nggak bakal bisa menanggulangi 100 persen, karena jumlah sampah di Kudus itu mencapai 150 ton per hari,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hijau (PKPLH) Kabupaten Kudus, Abdul Halil menyampaikan, penanganan sampah di Kudus ini harus menggunakan mesin. Selain mesin insinerator dari PT Djarum, harus ada mesin penunjang lainnya yakni eskavator dan buldoser.

“Dua mesin alat berat itu nantinya untuk menata sampah yang ada di TPA, sehingga sampah tak menumpuk,” ujar Halil.

Baca juga: Ingin Daftar PPK dan PPS Pilkada Kudus tapi Tercatut Sebagai Anggota Parpol, Silakan Lakukan Ini

Menurutnya, saat ini di TPA Tanjungrejo ada dua alat berat, tapi sudah usang dan sering rusak. Apabila rusak maka butuh beberapa hari untuk perbaikan, sehingga penanganan sampah tak bisa maksimal.

“Ketika ada alat berat baru dan ada mesin insinerator maka penanganan sampah akan lebih maksimal. Dijamin tak akan ada penumpukan sampah,” tandasnya. (adv)

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER