31 C
Kudus
Rabu, April 24, 2024

Sebut Banjir Pati Makin Parah Usai Bendung Wilalung Dibuka, Pj Bupati: ‘Kita Sih Gak Bisa Apa-apa’

BETANEWS.ID, PATI – Puluhan desa di Kabupaten Pati terdampak banjir akibat intensitas curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir ini. Pemukiman warga, khususnya yang berada di kawasan aliran Sungai Silugonggo atau Sungai Juwana, terdampak cukup parah.

Banjir di sejumlah kawasan ini, bisa mencapai 60 centimeter hingga lebih satu meter untuk di pemukiman warga. Seperti halnya yang terjadi di Desa Doropayung, Kecamatan Juwana, Pati.

Baca Juga: Lebih Separuh Badan Jalan Penghubung Pati-Purwodadi Amblas Akibat Longsor

Di desa ini, ada ratusan rumah warga terendam banjir dengan kedalaman air mulai 30 sentimeter sampai 1,5 meter.

Merespon banjir banjir yang terjadi di Kabupaten Pati, Henggar Budi Anggoro, Pj Bupati Pati mengatakan, bahwa sebenarnya banjir saat ini karena kondisi cuaca yang luar biasa. Hal itu bukan terjadi di Kabupaten Pati saja.

Ia juga menyebut, banjir di Pati semakin parah setelah Bendung Wilalung yang ada di Kudus, pintunya dibuka yang arah ke Sungai Juwana.

‘Terakhir itu, kemarin di Kabupaten Pati, terutamanya di Juwana ini, banjir masuk ini setelah Bendung Wilalung dibuka agak lebih ke arah Juwana,” ujar Henggar, Minggu (17/3/2024).

Karena kalau tidak dibuka sedemikian rupa, menurutnya yang bahaya adalah masyarakat di Kabupaten Kudus dan Demak.

“Ya kita sih gak bisa apa-apa. Gak mungkin juga kita bilang jangan dibuang ke sini, gak mungkin bisa. Inilah saat ini yang ada,” imbuhnya.

Kemudian, terkait masalah banjir ini, langkah yang diperlukan ke depan adalah penanganan saluran drainase secara vertikal.

Baca Juga: Sawah Terendam Banjir, Petani di Pati Terpaksa Panen Dini

Lebih lanjut Henggar menyebut, bahwa secara total jumlah wilayah di Pati yang terdampak banjir sebanyak 28 desa. Jumlah tersebut tersebar di 8 kecamatan.

Dirinya berharap, masyarkat yang terdampak banjir bisa terakomodir. Yakni, kebutuhan-kebutuhan korban banjir ini bisa terpenuhi.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER