31 C
Kudus
Sabtu, April 13, 2024

Lebih Separuh Badan Jalan Penghubung Pati-Purwodadi Amblas Akibat Longsor

BETANEWS.ID, PATI – Tingginya intensitas curah hujan di Kabupaten Pati dalam beberapa hari terakhir ini, mengakibatkan longsor di ruas jalan Pati – Purwodadi, atau tepatnya berada di perbatasan Desa Larangan dan Wukirsari, Kecamatan Tambakromo, Pati. Longsor itu mengakibatkan lebih dari separuh badan jalan amblas.

Kondisi itu membuat pengendara mobil maupun sepeda motor yang melaju dari arah Pati menuju Purwodadi atau sebaliknya harus memelankan kendaraannya.

Baca Juga: Sawah Terendam Banjir, Petani di Pati Terpaksa Panen Dini

Sempitnya jalan yang tersisa itu, juga mengharuskan kendaraan yang lewat untuk bergantian. Bahkan, untuk kendaraan roda empat, harus keluar dari badan jalan.

Camat Tambakromo, Mirza Nur Hidayat mengatakan, kejadian longsor yang menimpa jalan tersebut, terjadi pada Kamis (14/3/2023). Ketika itu, ia mengaku mendapatkan laporan dari Asisten Perhutani (Asper).

“Kalau kejadiannya Kamis kemarin, sekitar jam 3 sore. Waktu itu bertepatan dengan tanggul bedah di Angkatan Lor, Jadi baru Jumatnya saya bisa meninjau, ” ujar Mirza, Sabtu (16/3/202).

Ia menyebut, faktor yang menjadi penyebab terjadinya longsor di antaranya karena hujan dengan instensitas yang tinggi.

Selain itu, katanya air yang mengalir dari arah utara jalan, juga menjadi salah satu faktor penyebab. Sebab, jalan yang kondisinya longsor itu berada di area cekungan.

“Jalan ini sebenarnya kan cekungan. Sehingga air yang mengalir ke bawah, secara perlahan menggerus jalan,” ungkapnya.

Mirza menyebut, untuk longsor tersebut panjangnya mencapai 13 meter, dan kedalaman 2 meter, serta lebar 3 meter. Hal ini, berdasarkan laporan yang ia terima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati.

Baca Juga: 48 Desa di 11 Kecamatan di Pati Terdampak Banjir

Menurutnya, untuk langkah sementara yang dilakukan katanya, saat ini pihaknya telah melaporkan kejadian itu kepada Pj Bupati Pati serta pihak terkait.

Hal itu kemudian, katanya sudah ditindaklanjuti oleh Pj Bupati dengan mengirimkan tim dari BPBD untuk meninjau dan melakukan kajian terkait longsor di jalan provinsi tersebut.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER