31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Ramadan Tiba, Penjualan Baju Muslim di Pasar Kliwon Meningkat 500 Persen

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa hari jelang bulan suci Ramadan, geliat penjualan baju muslim di Pasar Kliwon Kudus mulai terlihat. Tampak para calon pembeli lalu lalang di lorong-lorong pasar untuk mencari baju muslim. Sementara itu, para pedagang maupun pekerjanya terlihat sibuk melayani mereka.

Aktivitas jual-beli itu terlihat di hampir seluruh kios maupun los. Selain melayani para pembeli yang datang, beberapa karyawan toko juga ada yang sedang sibuk mengemas baju muslim untuk dikirim ke luar daerah. Satu di antara toko yang sibuk adalah Toko Halwa.

Beberapa warga tampak melewati lorong di Pasar Kliwon. Foto: Rabu Sipan

Admin Halwa Apparel, Fathimatush Sholikhah, menyampaikan, jelang Ramadan, penjualan gamis mulai meningkat hingga dua kali lipat dibanding bulan sebelumnya. Bahkan, peningkatan sudah terjadi sejak awal Sya’ban.

-Advertisement-

Baca juga: Ribbie Collection Kebanjiran Orderan Jelang Ramadan, Ada Promo Mukena Rp50 Ribu Lho

“Halwa Apparel merupakan brand gamis dan jilbab lokal Kudus yang punya berbagai model, seperti gamis model swita dress, ulfa dress, dan gaitsa dress,” bebernya, Senin (4/3/2024).

Menurutnya, produksi di tempatnya mencapai 700 buah sehari dari biasanya hanya 300 potong. Saat ini, semua gamis yang produksi hari itu dengan harga antara Rp139.900 hingga Rp370 ribu itu selalu terjual habis.

“Selain melayani penjualan ecer dan grosir di toko, kita juga menggunakan sistem mitra. Kita sudah punya banyak mitra mulai dari distributor, agen, sub agen, dan reseller yang tersebar di beberapa kota di Indonesia,” bebernya.

Tak hanya baju muslim perempuan, penjualan pakaian pria juga meroket. Di Kios Rizky Busana, penjualan baju muslim pria mengalami peningkatan hingga lima kali lipat.

Owner Rizky Busana, Rifqi Saifullah mengatakan, peningkatan penjualan terjadi sejak sepekan lalu. Namun, dibanding sebelum pandemi, peningkatan masih kalah jauh sekali.

Baja juga: Jelang Ramadan, Pedagang Kudus Kebanjiran Pesanan Mukena

“Namun, dibanding bulan sebelumnya peningkatan sangat signifikan. Bahkan lebih dari dua kali lipatnya, mungkin kenaikan bisa samai 500 persen,” ujar Rifqi.

Di Rizky Busana menjual ecer maupun grosir, di antaranya baju koko, kemeja, celana berbahan jeans maupun kain, dan jaket.

“Pelanggan kami itu bakul-bakul di wilayah eks-Karesidenan Pati. Serta ada juga yang dari luar Jawa,” bebernya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER