31 C
Kudus
Jumat, April 19, 2024

Ketinggian Banjir di Mintobasuki Pati Terus Bertambah, Polisi Imbau Warga Mengungsi

BETANEWS.ID, PATI – Banjir yang menerjang Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, Pati, terus meluas. Ketinggian banjir di lokasi tersebut juga terus bertambah pada Jumat (15/3/2024) siang.

Di sejumlah titik di Desa Mintobasuki, ketinggian air mencapai 60 sentimeter hingga 1 meter. Puluhan rumah di desa tersebut juga terendam banjir. Meski begitu, sejumlah warga tetap memilih untuk bertahan di rumah. Mereka membuat tempat yang lebih tinggi untuk istirahat maupun tidur.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Sejo Laksono. Meski ketinggian air di dalam rumahnya mencapai 50 hiingga 70 centimeter, tapi ia belum mau untuk meninggalkan rumahnya untuk mengungsi.

Baca juga: Rumahnya Kebanjiran, Rukun Terpaksa Ungsikan Suaminya yang Habis Operasi

“Ribet, Pak. Sementara ini tinggal dulu di sini. Ini nanti tidur di sana,” ujar Sejo sembari menunjukkan tempat tidur yang sudah ditinggikan.

Menurutnya, selagi ketinggian air tidak bertambah lagi, ia akan memilih bertahan dibandingkan mengungsi ke lokasi lain. Untuk makan, ia mengaku sementara ini masih bisa memasak sendiri. Untuk kompor, katanya dinaikkan ke atas, sehingga bisa digunakan untuk memasak.

Sejo menyebut, bahwa banjir yang menimpa rumah miliknya yang berada di RT 2 RW 2 Desa Mintobasuki itu, terjadi sejak tiga hari lalu.

Sementara itu, Kapolsek Gabus AKP Daffid Paradhi mengimbau agar warga untuk mengungsi, jika ketinggian air terus bertambah.

Baca juga: Desa Mintobasuki Pati Kebanjiran Lagi, Puluhan Rumah Sudah Mulai Terendam

“Kami mengimbau, apabila sewaktu-waktu debit air mengalami kenaikan, maka warga kami harapkan untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi atau ke lokasi tertentu,” kata Kapolsek usai meninjau sejumlah rumah warga yang kebanjiran pada Jumat (15/3/2024).

Sebagai langkah antisipasi terjadinya korban jiwa, pihaknya mengaku selalu melakukan update terkait dengan kondisi di wilayahnya yang terdampak banjir.

“Terutama untuk yang berkaitan dengan jiwa. Ini yang menjadi prioritas. Makanya kami selalu update bagaimana kondisi ketinggian air di pemukiman warga,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER