31 C
Kudus
Rabu, April 24, 2024

Gas Elpiji 3 Kg di Pati Langka, Ternyata Ini Biang Keroknya

BETANEWS.ID, PATI – Masyarakat di sejumlah wilayah di Kabupaten Pati melaporkan kelangkaan gas elpiji 3 kilogram bersubsidi pemerintah. Kalau pun tersedia, harganya melambung. Lantas, kenapa gas elpiji langka?

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Hadi Santoso, membeberkan beberapa penyebab terjadinya kelangkaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) subsidi 3 kilogram di masyarakat, salah satunya karena distribusi.

Hadi menyebut, sejak satu pekan ini pasokan gas elpiji 3 kilogram tersendat karena ada keterlambatan pasokan dari produsen gas elpiji.

Baca juga: Gas Melon Bikin Pusing Warga, Langka dan Harganya Ugal-ugalan

“Informasi yang kami dapatkan dari Pertamina maupun agen, karena memang dari produsen elpiji yang diangkut pakai kapal terlambat bersandar,” kata Hadi, Kamis (21/3/2024).

Menyikapi hal itu, pihaknya sudah diambil langkah untuk mengatasi, yakni dengan mengambil pasokan dari Gresik, Jawa Timur. Namun, persoalan lain kembali muncul, sehingga distribusi juga terlambat. Faktor banjir di Pantura Jawa Timur, menjadi penyebab pasokan terlambat sampai di SPBE.

“Dua hari terakhir ini sebenarnya sudah ada elpiji yang masuk ke SPBE, dan langsung dimasukkan ke tabung-tabung. Selanjutnya langsung didistribusikan ke agen dan pangkalan,” ungkapnya.

Meski demikian, karena menurutnya masih terjadi ketersendatan transportasi, maka menurutnya saat ini masih terjadi keterlambatan pasokan.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER