31 C
Kudus
Selasa, April 16, 2024

Akses ke RSUD Kayen Tergenang Banjir, Nakes dan Warga Diangkut Gunakan Perahu

BETANEWS.ID, PATI – Ruas jalan yang menuju RSUD Kayen, Pati, tergenang banjir hingga Rabu (13/3/2024) siang. Kondisi itu, mengakibatkan akses jalan menuju rumah sakit tergenang dan nakes maupun warga yang akan ke tempat tersebut terpaksa harus diangkut menggunakan perahu karet.

Dalam hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menyiapkan sebuah perahu karet. Perahu itu diperlukan karena kedalaman air tergolong tinggi dan tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda dua.

Baca Juga: PT HWI Pati Buka Loker hingga 15 Maret, Warga Lokal jadi Prioritas

Terlihat sejumlah relawan dan anak-anak kecil ikut membantu. Mereka mendorong perahu berwarna oranye itu agar sampai tujuan. 

Selain mengangkut warga yang ingin menuju RSUD Kayen, perahu itu juga digunakan untuk mengangkut warga yang tidak bisa menerjang banjir. 

Salah satu warga yang memanfaatkan perahu itu yakni Sumitro. Warga Desa Beketel, Kecamatan Kayen itu terpaksa menerjang banjir pakai perahu karet karena kendaraannya tidak bisa menembus banjir. 

”Saya mau pulang dari Kayen ke Pegunungan Kendeng. Karena kendaraan motor ndak bisa lewat dan memang aksesnya hanya jalan di depan RSUD Kayen. Motornya saya tinggal,” ujar Sumitro, Rabu (13/3/2024).

Ia katakan, saat banjir menerjang, akses transportasi terhambat. Meski begitu, ia bersyukur ada perahu karet yang bisa membantu warga. 

”Akses sulit. Saya tersendat 3 jam lebih. Padahal biasanya rumah saya sini tidak ada 30 menit sampai,” ungkapnya.

Baca Juga: Sosok Ular Naga Menutup Mbelik, Cerita di Balik Cikal Bakal Desa Tlogorejo

Sementara itu, Kalakhar BPBD Pati M Budi Prasetyo mengatakan, selain perahu, pihaknya juga menyiapkan satu mobil yang digunakan untuk mengevakuasi warga.

“Kami menerjunkan satu perahu dan satu mobil untuk membantu warga maupun nakes yang berdinas hari ini di RSUD Kayen,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER