31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Tips Tanam Durian di Dataran Rendah, Tidak Sulit Loh!

BETANEWS.ID, DEMAK – Menjadi yang pertama memiliki kebun durian di Kabupaten Demak, Margono (74) membagikan tipsnya bagi petani pemula yang ingin mencoba menanam durian di dataran rendah.

Disebut Margono, rahasia bibit pohon tumbuh subur ada pada media tanam yang ia ambil langsung dari Kabupaten Jepara. Sebelum ditanam, tanah digali sedalam 1 meter persegi kemudian diurug dengan tanah merah.

Baca Juga: Pemilu 2024 Makin Demak, Warga Demak Butuh Presiden yang Pikirkan Ekonomi Rakyat

“Maksudnya supaya menjaga keretakan, kalau tanah hitam kan retaknya agak lebar, kalau lebar nanti memutus akar, kalau akarnya putus mati,” katanya saat ditemui di kebunnya Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Sabtu (3/2/2024).

Kebun seluas 12×40 meter persegi itu, bisa ditumbuhi 13 pohon durian dengan lima jenis durian, diantaranya bawor, musang king, duri hitam, dan udang merah. Sedangkan, panen pertama baru bisa dirasakan pada usia keempat.

“Setelah hidup, saya perkirakan ini kuat. Kemudian diberi tanah sekelilingnya, saya belikan tanah merah juga, alhamdulillah waktu demi waktu sampai 4 tahun ini berbuah,” ujarnya.

Pada panen pertamanya ini, Margono hanya bisa mengambil durian dari tujuh pohon saja. Ia mengaku, paling berat bisa mendapat 6,5 kilogram (kg) dari jenis durian bawor.

“Yang paling besar itu kemarin 6,5 kg jenis bawor. Kalau di jalan lingkar itu 1 kg Rp85 ribu. Kalau 6 kg kan tinggal mengkalikan. Kalau yang musang king, terus duri hitam, itu di atas Rp200 ribu per kg,” terangnya.

Baca Juga: Bawaslu Demak Ingatkan KPU Antisipasi Bencana Saat Pemilu 2024

Margono mengaku, sebelumnya jika dirinya tidak punya niatan untuk menanam pohon durian. Namun karena inisiatif dari anak, kebun yang semula ditumbuhi berbagai macam buah, seperti belimbing, jambu biji, dan mangga itu, ternyata bisa ditanami durian dengan kualitas impor.

“Yang mesti saya tidak setuju tapi ya coba-coba. Ya Monggo, akhirnya memutuskan durian. Nanti kalau tidak berbuah bagaimana? tebang lagi,” paparnya.

Editor: Haikal Rosyada

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER