31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Pemkab Kudus Santuni Ribuan Imam dan Marbut, Anggarannya Rp3,5 Miliar

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memberikan santunan kepada ribuan imam dan marbut masjid dan musala dengan total anggaran Rp3,5 miliar. Bantuan itu diserahkan secara simbolis di lapangan tenis Pemkab Kudus, Rabu (13/12/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Bergas C Penanggungan, mengatakan, santunan tersebut bagian dari perhatian Pemkab Kudus kepada imam, marbut. Sebab, mereka lah yang selama ini menyejahterakan masjid dan musala di Kota Kretek.

“Masjid itu kan rumah Allah. Jadi sudah sepantasnya mereka yang menyejahterakan masjid dan musala kita beri apresiasi,” ujar Bergas.

Baca juga: Dua Desa Dapat Bantuan Bibit dan Green House dari Dispertan Kudus

Bergas mengatakan total ada 3.427 orang yang mendapatkan santunan. Masing-masing mendapatkan uang sebesar Rp1 juta.

“Santunan ini diberikan satu tahun sekali. Mohon jangan dilihat nominalnya, tapi lebih ke niat baik Pemkab Kudus memberikan perhatian kepada para marbut masjid dan musala,” bebernya.

Menurutnya, pemberian santunan perlu disyukuri. Sebab tak semua daerah mampu memberikan santunan kepada imam dan marbut masjid dan musala.

“Kudus ini Kota Santri, jadi wajar bila mereka yang menyejahterakan masjid dan musala dapat tunjangan. Dan alhamdulillah keuangan daerah juga ada untuk itu,” ungkapnya.

Disinggung soal usulan khotib juga dapat santunan, Bergas menuturkan apabila keuangan daerah memungkinkan, hal itu bisa terwujud. Mengingat, jumlah khatib cukup banyak, bahkan satu masjid minimal lima orang.

“Soalnya nominalnya cukup luar biasa banyak. Tapi, apabila keuangan daerah memungkinkan, akan kita berikan,” katanya.

Baca juga: Dapat BLT Cukai, Buruh Rokok di Kudus Diminta Tak Beli Skincare

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kudus, Syafi’I, menambahkan, bantuan kesejahteraan imam, marbut masjid dan imam musala itu bersumber dari APBD 2023. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk hibah kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kudus serta dari Baznas Kudus.

“Hibah kepada DMI Kudus Rp3,4 miliar untuk 3.349 orang. Bantuan dari Baznas Rp77 juta. Masing-masing penerima mendapatkan santunan sebesar Rp 1 juta,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER