31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Lebih Hemat, Petani di Kaliwungu Kudus Mulai Beralih dari Pompa Air Diesel ke Listrik

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa petani di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus mulai beralih dari pompa air diesel ke listrik. Ada dua kelompok tani (poktan) yang mulai beralih, yaitu Poktan Tani Mulyo Desa Setrokalangan dan Poktan Sumber Makmur Desa Kedungdowo.

Ketua Poktan Tani Mulyo Desa Setrokalangan, Sutiyono (55), mengaku sudah setahun terakhir ini menggunakan pompa listrik yang mampu mengairi 15 hektare sawah. Berkat pompa sumur dalam tersebut, dalam satu tahun pihaknya mampu tanam padi tiga kali.

Dinas Pertanian Kudus mengecek penggunaan pompa air listrik di persawahan Kaliwungu. Foto: Rabu Sipan

“Kami beralih ke pompa tenaga listrik karena lebih simpel, efektif, dan hemat. Lebih hematnya sekira 15 persen daripada menggunakan pompa diesel berbahan bakar solar,” ujar Sutiyono di persawahan Desa Setrokalangan, Kamis (28/12/2023).

Baca juga: Buruh Tani Makin Langka, Petani di Undaan Kudus Mulai Gunakan Mesin Tanam

“Dengan adanya sumur dangkal dan pompa bertenaga listrik kita nggak khawatir kekeringan lagi. Sebab, ketika nggak ada hujan kami masih bisa mengairi sawah,” bebernya.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Poktan Sumber Makmur Desa Kedungdowo, Noor Hadi. Menurutnya, untuk menyalakan pompa sibel dengan output pipa pvc berdiameter 2,5 inch, pihaknya memasang listrik dari Perusahaan Listrik Nasional (PLN) berkapasitas 5.500 watt. Daya tersebut sudah cukup untuk mengairi sawah 10 hektare sawah Poktan Sumber Makmur.

“Total lahan yang jadi tanggung jawab kami ada 51 hektare. Dengan hanya mampu mengairi sawah 10 hektare, kami berharap ada tambahan lagi sumur dangkal. Apalagi jaringan listrik PLN ke sawah juga sudah terpasang,” bebernya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER