31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Atikoh Dicegat Siswa SMKN Jateng saat Apel Besar Pramuka

BETANEWS.ID, PURBALINGGA – Apel Besar Pramuka Purbalingga memperingati Hari Pramuka ke-62 dan Pelantikan Pramuka Garuda Kwarcab Purbalingga, di Alun-alun Purbalingga, Senin (9/10/2023) berlangsung meriah dan penuh kebahagiaan. Terutama dirasakan siswa-siswi SMKN Jateng di Purbalingga, sekolah boarding gratis khusus siswa dari keluarga kurang mampu.

Betapa tidak, apel tersebut dihadiri dan dipimpin langsung Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh Supriyanti Ganjar Pranowo. Usai upacara dan pelantikan, Atikoh langsung diserbu para anggota pramuka siaga, penegak, bahkan pandega.

Baca Juga: Sambangi OPD, Ganjar Kejutkan ASN Jateng: ‘Saya Pamit dan Titip Jaga Integritas Ya’

“Kak Atikoh foto Kak, mumpung ketemu di Purbalingga,” ujar para anggota Pramuka.

Tak terkecuali dari para pramuka penegak asal SMKN Jateng di Purbalingga. Mereka tak sabar untuk segera berfoto bersama istri Ganjar Pranowo ini.

Atikoh yang tengah meladeni swafoto dari anggota pramuka lain, langsung diminta berfoto bersama mereka yang sudah menunggunya. “Ibu, ditunggu ke SMKN Jateng,” ujar seorang siswa usai berfoto.

“Iya, nanti ya. Saya senang banget melihat kegiatannya banyak. Ada karawitan, selawatan, marching band. Hebat,” ucap Atikoh.

Di kesempatan itu, puluhan pramuka penegak SMKN Jateng menjadi salah satu penampil kesenian. Mereka juga yang dilantik sebagai Pramuka Garuda di Purbalingga.

Pramuka Garuda ialah seorang anggota muda Gerakan Pramuka yang telah mencapai kecapakan dan penghargaan tertinggi pada masing-masing jenjang pendidikan kepramukaan.

Seperti diketahui, SMKN Jateng merupakan sekolah asrama gratis yang digagas Ganjar Pranowo saatv menjabat sebagai gubernur. Sekolah tersebut dikhususkan bagi siswa miskin. Saat ini terdapat tiga SMKN Jateng, yakni di Semarang, Pati dan Purbalingga serta telah meluluskan 1.837 siswa. Sebanyak 81 persen lulusannya telah terserap dunia kerja, membuka usaha, dan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Di SMKN Jateng, selain dilatih ketrampilan sesuai dengan kebutuhan industri, juga diajarkan kedisiplinan untuk membentuk siswa berkarakter. Pada perkembangannya, diririkan pula 15 sekolah semi boarding gratis serupa yang tersebar di 15 daerah di Jawa Tengah.

Atikoh pun merasa bangga dan berharap mereka menginspirasi serta selalu menebarkan hal positif. Apalagi belakangan, marak peristiwa perundungan yang terjadi di sekolah.

Baca Juga: Petani dan Seniman Gruduk Kantor Ganjar: ‘Kami Ingin Makan Bareng sebelum Bapak Pensiun’

“Harapannya ini juga bisa jadi informasi positif, karena sekarang itu butuh figur-figur dari kalangan muda yang bisa memberikan pengaruh posiitif kepada lingkungan,” tandasnya.

Pada acara tersebut, Atikoh melantik 2.952 Pramuka Garuda dengan rincian 2.117 Pramuka Siaga, 788 Pramuka Penggalang, dan 47 Pramuka Penegak di Purbalingga. Jumlah ini, melengkapi lebih dari 50 ribu Pramuka Garuda se-Jawa Tengah dan melampaui target dari Kwarda Jateng.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER