31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Semarakkan Malam Tirakatan HUT Ke-78 RI, Desa di Kudus Ini Tampilkan Tarian Kretek

BETANEWS.ID, KUDUS – Sejumlah warga terlihat sedang berkumpul di depan rumah warga Desa Bakalankrapyak RT 5 RW 3, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Mereka berkumpul dengan maksud untuk berdoa di malam sebelum hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI).

Berbagai rangkaian acara seperti pembacaan doa dan pembacaan teks proklamasi menandakan bahwa acara tersebut telah dimulai. Tak hanya itu, acara selanjutnya dimeriahkan oleh penampilan anak-anak dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu 17 Agustus, dan yang tak kalah menarik adalah penampilan Tari Kretek Kudus.

Ketua panitia, Muhammad Yusrul Niam Aula Muna, mengatakan, untuk menyambut HUT ke-78 RI, di malam tirakatan itu dimeriahkan dengan acara yang semarak dan menarik. Sehingga, warga di RT tersebut sangat kompak untuk bersama menghadiri acara tersebut.

-Advertisement-

Baca juga: Punokawan dan Buto Ikuti Upacara Kemerdekaan di Banyuanyar Solo

“Tahun ini lebih semarak dari tahun sebelumnya. Yang sebelumnya tidak ada jalan sehat, tahun ini ada. Kemudian malam ini juga semakin meriah, karena ada penampilan dari adek-adek yang sangat luar biasa,” katanya, Rabu (16/8/2023) malam.

Ia menjelaskan, kemeriahan acara tersebut dibarengi dengan penampilan anak-anak yang merupakan asli warga RT 5 RW 3, dengan Tari Kretek dan pembacaan puisi. Menurutnya, penampilan itu dikhususkan untuk anak-anak agar bisa menumbuhkan rasa dan jiwa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia.

“Selain itu, tujuannya kita tetap menguri-uri budaya yang ada di Kudus, sekaligus melestarikan tarian khas Kudus. Dengan adanya acara ini, harapannya warga semakin tambah senang dan bahagia dan ke depannya lebih semarak lagi,” jelasnya.

Baca juga: Ganjar Setuju Keresahan Jokowi Soal Budaya Santun dan Budi Pekerti Luhur yang Mulai Hilang

Ketua RT 5 RW 3 Desa Bakalankrapyak, Nor Aziz, menambahkan, acara tersebut dilakukan setiap tahun dan menjadi pelopor kegiatan acara malam tirakatan di desa tersebut. Menurutnya, setiap tahunnya semakin meriah dan untuk malam itu warga sangat antusias mengikuti acara tersebut.

“Di sini memang pelopor yang setiap tahunnya mengadakan acara yang meriah, jadi lumayan kreatif karena ada banyak kegiatan,” bebernya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER