31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Pakai PLTS, Ongkos Listrik Perajin Ukir di Jepara Jadi Lebih Hemat

BETANEWS.ID, JEPARA – Berjarak sekitar 200 Meter dari gerbang masuk Desa Senenan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, tampak beberapa rumah yang dipasangi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di bagian atap.

Mulyono, Kepala Desa Senenan yang rumahnya juga dipasangi PLTS mengatakan bahwa PLTS tersebut merupakan bantuan dari pihak pemerintah provinsi Jawa Tengah kepada delapan pengusaha ukiran relief di Desa Senenan. Dengan adanya pemasangan PLTS, ternyata mampu menekan biaya ongkos listrik para perajin ukiran.

Mulyono yang juga mempunyai usaha mebel ukiran dalam sebulan biasanya harus membayar biaya listrik Rp 800 ribu, semenjak memakai PLTS cukup mengeluarkan Rp 500 ribu perbulan.

Baca juga: Pondok Pesantren di Kudus Dapat Bantuan PLTS Rooftop

“Tenaga Surya disini sebenarnya tidak full karena tidak ada batrenya. Sehingga listrik yang dihasilkan itu masuk ke spedometer, nanti perhitungannya dengan PLN. Ya cukup membantu, kurang lebih 40 persen sampai 50 persen lah. Biasanya sebulan Rp 800 ribu, ini jadi Rp 500,” jelasnya pada Betanews.id saat ditemui dikedimannya, Sabtu (27/5/2023).

“Cuma itu kalau panasnya bagus, kalau panasnya kurang bagus, kayak pas musim hujan paling hanya membantu mengurangi sekitar 20 persen. Karena gak ada baterainya tadi,” tambahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER