31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Outer Kinomo Bordir Ini Dijual Rp 4 Juta, Meski Mahal Tapi Banyak yang Beli

Puluhan outer kimono tertata rapi di rak gantung dalam rumah warga Desa Padurenan RT 2 RW 3, Kecamatan Gebog, Kabupaten kudus. Beberapa outer bordir dibuat dengan beraneka motif. Rumah yang sekaligus menjadi galeri itu milik Ali Marzuki, owner Farda Aliya Bordir.  

Kepada Betanews.id, pria yang akrab disapa Ali tersebut sudi berbagi informasi tentang produk terbarunya yang sedang hits saat ini. Ia mengatakan, produk yang mulai dibuat satu tahun lalu itu, menjadi produk yang banyak diminati pembelinya.

Produk yang biasa disebut outer kimono dengan tampilan bordir sebagai tampilan utamanya itu laku keras di buru wisatawan asing di Bali. Ada berbagai jenis motif yang tersedia, abtara lain motif flora, motif fauna, dan sebagainya.

-Advertisement-

Baca juga: Misi Ali Lestarikan Bordir Khas Kudus dengan Corak Kekinian yang Disukai Anak Muda

“Untuk peminatnya lumayan bagus ya, karena sampai saat ini untuk pemasaran yang saya lakukan bekerjasama dengan beberapa butik atau toko pakaian yang ada di Bali. Dan kebanyakan peminatnya adalah wisatawan dari luar negeri,” beber Ali kepada Betanews.id, beberapa waktu lalu.

Pembuatan produk baru itu, kata Ali, lantaran ingin mengikuti tren fasyen kekinian yang sedang hits. Menurutnya, sebelum membuat outer bordir, dirinya sudah lebih dulu membuat outer tenun yang peminatnya juga tak kalah banyak. Namun saat ini ia lebih fokus pada produk outer bordir.

“Sebagai seorang pengusaha kita harus melihat peluang, nah ini merupakan bentuk usaha saya untuk lebih mengikuti tren fasyen yang sedang berkembang dan banyak peminatnya,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, bahan kain yang digunakan untuk pembuatan outer kimono bordir ada banyak, di antaranya ada kain katun, soft jeans, tenun, dan masih banyak lagi. Menurut Ali, keunggulan bordir yang dibuatnya lebih mengutamakan nilai seni dengan kombinasi warna benang lebih atraktif.

“Kalau untuk harga outer ini bervariasi mulai dari Rp 600 ribu sampai Rp 4 juta dalam satu potong outer kimono. Untuk harganya itu memang terbilang agak mahal, karena dari proses bordirnya itu membutuhkan waktu yang cukup lama,” tuturnya.

Baca juga: Imbas Kebijakan ASN Wajib Kenakan Kemeja Bordir, UMKM Bordir di Kudus Alami Lonjakan Penjualan

Ia menambahkan, selain produk outer kimono, pihaknya juga memiliki beberapa produk lainnya, antara lain kebaya, baju koko, kemeja, dan seragam ASN. Sementara untuk pemasaran yang dilakukan saat ini melalui media sosial dan mengikuti beberapa pameran produk UMKM di beberapa kota di Indonesia.

“Harapannya (penjualan) lebih meningkat lagi. Lebih bisa mengenalkan bordir Kudus ke level yang lebih tinggi, karena bordir Kudus sebenarnya sudah dikenal. Ingin mengenalkan bordir Kudus ke mancanagara juga,” harapnya.

Editor: Suwoko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER