31 C
Kudus
Jumat, Juni 21, 2024

Harga Beberapa Bahan Pokok di Jepara Mulai Naik, Cabai Setan Sentuh Rp80 Ribu Sekilo

BETANEWS.ID, JEPARA – Satu pekan menjelang Ramadan, sejumlah harga beberapa bahan pokok di Pasar Rakyat Mayong, Kabupaten Jepara mulai merangkak naik. Komoditas yang mengalami kenaikan tinggia dalah cabai setan dari Rp40 ribu per kilogram menjadi Rp80 ribu.

Pedagang Pasar Mayong, Ririn Purniasih (32), menyebut, kenaikan harga tersebut masih terbilang normal. Menurutnya, harga akan melonjak tinggi saat sudah Ramadan. Namun, meski beberapa item mengalami kenaikan, tetapi daya beli masyarakat masih terbilang normal, tidak sampai mengurangi jumlah belanja para pembeli.

Aktivitas di di Pasar Mayong. Foto: Umi Nurfaizah

Ririn membeberkan, selain cabai setan, yang mengalami kenaikan adalah cabai merah dari Rp25 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu; bawang putih dari Rp24 ribu per kilogram menjadi Rp36 ribu; bawang merah ukuran kecil Rp20 ribu per kilogram, sedang Rp32 ribu per kilogram, dan besar Rp40 ribu per kilogram.

-Advertisement-

Baca juga: Gara-Gara Banjir dan Macet, Harga Cabai di Pati Naik Tinggi

“Untuk cabai rawit malah turun dari harga Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp15 ribu,” bebernya saat ditemui di kiosnya, Kamis (16/03/2023).

Pedagang beras, Minok (42) menambahkan, harga beras juga mengalami kenaikan dari yang tadinya Rp250 ribu per 25 kilogram menjadi Rp300 ribu.

Dengan harga komoditas yang naik, ia juga mengeluhkan kondisi pasar yang sepi. Bahkan, karena kondisi pasar yang sepi, kakaknya memilih untuk mencari pekerjaan lain.

Baca juga: Mendekati Ramadan, Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Justru Anjlok

Sepinya pasar itu juga mempengaruhi pendapatannya, dari yang biasanya mampu mengantongi Rp4 juta sehari, sekarang hanya mampu Rp2 juta saja.

“Sekarang ini pasarnya memang cukup sepi, ditambah harganya mulai naik. Pendapatan juga jadinya berkurang,” katanya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER