31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Bukan Kaesang, Gibran Justru Pilih Teguh Prakosa Jadi Wali Kota Solo Selanjutnya

BETANEWS.ID, SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memilih Teguh Prakosa sebagai penggantinya dibandingkan dengan Kaesang Pangarep. Dukungan Gibran ini untuk mengomentari survei Magister Administrasi Publik (MAP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo yang menyebut ada lima kandidat utama penerusnya di Solo jika dia maju ke Pemilihan Gubernur.

“Ya saya pilih pak Teguh aja,” ujarnya singkat saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (27/2/2023).

Gibran menilai bahwa Teguh Prakosa lebih berpengalaman. Apalagi, saat ini Teguh menjabat sebagai wakil Gibran dalam memimpin Kota Solo. Menurut putra sulung Presiden Joko Widodo itu, Teguh sudah mengetahui seluk beluk Solo, pernah menjadi Ketua DPRD Kota Solo, dan juga sudah berpengalaman di PDI Perjuangan.

-Advertisement-

Baca juga: Kaesang Masuk 5 Kandidat Teratas Calon Wali Kota Solo Pengganti Gibran

“Beliau sudah tahu kerja saya. Dan Pak Teguh itu udah ngerti seluk beluknya Solo lah. Apalagi beliau udah pernah pengalaman di partai sebagai ketua DPRD juga. Udah khatam lah,” kata Gibran.

Ditanya apakah kira-kira Teguh siap untuk melanjutkan estafet pemerintahannya, Gibran meyuruh untuk menanyakannya secara langsung kepada wakilnya itu. Dirinya memilih untuk melakukan berdasarkan survei yang dilakukan dengan warga Solo.

“Kalau surveinya begitu berarti warga menghendakinya seperti itu. Aku ya durung moco lho jane hasil surveine. Itu hanya asumsi saya yang jelas Pak Teguh sudah berpengalaman di Partai, DPRD, di eksektif juga dengan saya. Sudah negerti lah visi dan misi saya seperti apa. Nggak berhenti berjalan, ganti wali kota ganti agenda itu nggak boleh,” katanya.

Ditanya soal apakah Kaesang sudah layak untuk melanjutkan kepemimpinannya, Gibran mengatakan bahwa semua kembali ke pilihan warga.

“Jangan tanya sanya, tanya sama warga. Saya tidak mau mengarahkan atau mengendorse Kaesang ke warga, yang milih kan warga,” tandasnya.

Baca juga: Survei Unisri: Warga Solo Lebih Rela Gibran Maju ke Pilgub Jateng Ketimbang Jakarta

Sebelumnya, MAP Unisri Solo merilis survei arah politik Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka pada 2024. Survei tersebut juga menyinggung penerus Gibran di Solo.

Adapun nama-nama yang didapatkan dari masyarakat adalah Wakil Wali kota Solo, Teguh Prakosa, Kaesang Pangarep, Ketua DPRD, Solo Budi Prasetyo, Mantan Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, dan Sekretaris Daerah Kota Solo, Ahyani.

Dalam survei itu, Teguh unggul dengan angka 17 persen, Kaesang 5 persen, Budi 1 persen, Purnomo 0,10 persen dan Ahyani 0 persen. Dalam survei tersebut pihak Unisri tidak mengajukan nama-nama tersebut. Top mind ini merupakan nama yang muncul orisinal dari jawaban masyarakat. Menurutnya, angka persen yang kecil itu lantaran 75 persen responden belum punya pikiran untuk memilih pemimpin baru di 2024.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER