31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSKenaikan UMK Kudus...

Kenaikan UMK Kudus Tahun 2023 Diperkirakan Hanya 1 Persen

BETANEWS.ID. KUDUS – Kenaikan Upah Minimun Kabupaten (UMK) Kabupaten Kudus tahun 2023 diperkirakan hanya 1 persen. Angka ini didapatkan usai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus melalui Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disnaker Perinkop UKM) melakukan simulasi bersama Dewan Pengupahan Kudus.

Meski begitu, menurut Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Perselisihan Ketenagakerjaan pada Disnaker Perinkop UKM Kudus Agus Juanto, simulasi tersebut bukan lah hasil final penentuan UMK, karena tuntutan serikat pekerja di Kudus meminta naik 13 persen.

“Kami tidak tahu pasti patokan yang digunakan serikat pekerja dalam menentukan tuntutan kenaikan upah minimum. Yang jelas, saat ini belum ada titik temu terkait pembahasan upah minimum Kabupaten Kudus tahun 2023,” ungkapnya.

- Ads Banner -

Baca juga: Duh, 8 Perusahaan di Kudus Beri Gaji Pekerjanya di Bawah UMK

Juanto mengatakan, simulasi itu menggunakan data BPS tahun 2021 dengan mengacu Peraturan Pemerintah (PP) nomor 36 tahun 2021 tentang pengupahan.

“Hasilnya, kenaikan upah minimum Kabupaten Kudus tahun 2023 hanya satu persen saja dari upah minimum tahun 2022. Tentunya tidak seperti harapan teman-teman serikat pekerja,” bebernya.

Pihaknya saat ini masih menunggu regulasi atau kebijakan dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah tentang usulan upah minimum tahun 2023.

“Kami masih menunggu regulasi resmi dari Pemerintah Pusat dan Disnakertrans Provinsi Jateng terkait upah minimum tahun 2023. Nanti ketika regulasinya sudah ada secara resmi, Dewan Pengupahan Kudus akan melakukan rapat kembali membahas upah minimum,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler