31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaSEMARANGDisporapar Jateng Prediksi...

Disporapar Jateng Prediksi Ada 150 Ribuan Pendaki yang Akan ‘Muncak’ saat Malam Tahun Baru

BETANEWS.ID, SEMARANG – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memprediksi akan ada 150 ribu pendaki yang akan melakukan pendakian pada sejumlah gunung yang ada di wilayah Jateng untuk melakukan perayaan malam Tahun Baru 2023 nanti. Sebab, gunung atau wisata dataran tinggi berbasis alam masih menjadi pilihan utama untuk wisatawan.

Kasi Pengembangan Daya Tarik Wisata pada Disporapar Jateng Riyadi Kurniawan mengungkapkan, banyaknya jumlah pendaki tersebut, menjadi perhatian khusus. Sebab saat Nataru, memasuki puncak terjadinya cuaca ekstream.

Baca juga: Rinjani Adventure Shop, Jujugan Pecinta Alam yang Ingin Mendaki Gunung atau Kamping

- Ads Banner -

“Diprediksi saat puncak malam Nataru, ada 150 ribu pendaki yang naik ke gunung. Hal ini menjadi perhatian kami Dinas Pariwisata untuk menciptakan suasana aman bagi wisatawan. Sebab, bulan Desember itu kan puncak hujan badai,” ujarnya.

Pihaknya pun mengatakan, untuk mengantisipasi, ia sudah melakukan komunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Basarnas dan komunitas pendaki. Sehingga jika kondisi cuaca tidak memungkinkan, Disporapar Jateng akan meminta untuk menurup jalur pendakian.

“Sebagai bentuk antisipasi, kami menggandeng beberapa sektor, untuk terus berkomunikasi serta memantau kondisi di lapangan. Jadi paling tidak, kalau dirasa berbahaya, bisa langsung memberikan perintah untuk menutup jalur pendakian dan wisata sekitarnya,” ungkapnya.

Baca juga: Terpukau dengan Dusun Girpasang, Ganjar : ‘Ini Bagus, Bisa Dikembangkan jadi Wisata Unggulan’

Terpisah, Ketua Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Jateng Dasirun mengatakan, prediksi jumlah pendaki hingga 150 ribu dirasa agak berlebihan. Sebab, ia memperkirakan di angka 3 ribu pendaki per gunungnya.

“Kalau mencapai angka 150 ribu sebenarnya terlalu banyak. Karena biasanya per gunung saat malam Nataru itu mencapai 3 ribuan,” ujarnya.

Ia pun mengimbau, agar berhati-hati saat mendaki pada Desember, khususnya saat puncak malam Nataru. Ia pun setuju jika jalur pendakian ditutup sementara kalau cuaca ekstrem terjadi.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler