31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaJATENGCeko Lirik Potensi...

Ceko Lirik Potensi Wisata di Jateng

BETANEWS.ID, SEMARANG – Keindahan alam serta keseriusan pengelolaan, membuat Pemerintah Republik Ceko tertarik untuk menjalin kerja sama pada sektor pariwisata Jawa Tengah. Jalinan itu juga bakal diikuti dengan kerjasama di beberapa sektor termasuk pendidikan.

Hal itu disampaikan Konsulat Kehormatan Republik Ceko di Semarang, Daniel Budi Setiawan dalam acara serah terima jabatan Konsulat Kehormatan Republik Ceko Semarang di Hotel Padma Semarang, Jumat (11/11/2022).

“Kami tentu ingin terus meningkatkan kerjasama antara Republik Ceko dengan Jawa Tengah. Ke depan selain pendidikan, ada proyek-proyek baru di bidang ekonomi, kesehatan, budaya dan pariwisata,” kata Daniel.

- Ads Banner -

Baca juga: Punya Potensi Wisata Alam yang Luar Biasa, Kawasan Baturraden Diusulkan untuk Dikembangkan Outdoor Activity

Sektor pariwisata ini lanjut dia menjadi salah satu hal yang baru. Di mana sebelumnya, Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia telah berkunjung ke salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Tengah, yakni Karimun Jawa.

“Dan beliau mengatakan tempat itu sangat luar biasa. Fantastis. Maka beliau ingih menjalin kerjasama di bidang pariwisata dengan Jateng,” jelasnya.

Daniel menjelaskan, lebih dari 40.000 turis Ceko datang ke Bali setiap tahunnya. Dengan kerjasama di sektor pariwisata dengan Jateng, diharapkan wisata Jateng akan semakin berkembang.

“Jadi tempat wisata eksotis di Jateng seperti Karimunjawa, Borobudur dan lainnya itu bisa menjadi jujugan mereka,” ucapnya.

Selain pariwisata, kerjasama di sektor pendidikan juga akan terus ditingkatkan. Juga kerjasama di sektor kesehatan dan lainnya.

“Ceko memiliki alat-alat kesehatan yang canggih, sehingga bisa digunakan di Jateng agar pelayanan kesehatan bisa semakin maju dan canggih,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang juga hadir dalam acara itu mengatakan, Republik Ceko merupakan salah satu negara penting untuk diajak bekerjasama. Banyak potensi yang bisa dikembangkan dengan kerjasama ini.

“Di sana kan juga banyak warga negara kita. Bahkan saya punya teman di Ceko itu asli Banjarnegara dan sekarang stay di sana,” katanya.

Ceko lanjut Ganjar memang sangat terkenal di bidang pendidikan. Vocational School di negara itu sudah sangat maju.

“Ini menarik, jadi dengan berkembangnya kawasan industri di Jateng, kerjasama di bidang ini tentu sangat bermanfaat,” jelasnya.

Baca juga: Susuri Sungai Bengawan Solo Bareng Gibran, Ganjar Sebut Banyak Potensi Wisata yang Bisa Dikembangkan

Ganjar juga menyambut baik ketertarikan Ceko menjalin kerjasama di sektor pariwisata. Sebab banyak destinasi wisata Jateng yang saat ini telah dipoles menjadi sangat menarik.

“Pak Dubes tadi disampaikan ke Karimunjawa dan beliau tertarik. Kita ada banyak titiknya, tinggal kita tawarkan mau yang mana. Termasuk kerjasama di bidang lain, ada industri, kesehatan, pendidikan, budaya dan lainnya kita sudah ada semua. Nanti kita tawarkan, tinggal mereka minatnya di mana,” pungkasnya.

Konsulat Kehormatan Republik Ceko di Semarang kini memiliki pimpinan baru. Daniel Budi Setiawan dilantik menggantikan Hermawan Kertajaya. Daniel sendiri dikenal sebagai sosok yang lama berkiprah sebagai pengusaha dan juga politisi.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler