31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKUDUSBelasan Komika dari...

Belasan Komika dari Berbagai Kota Unjuk Kebolehan pada Ajang Kopma Expo IAIN Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Beragam kegiatan digelar dalam memeriahkan acara Kopma Expo 5 yang berlangsung di lapangan kampus timur IAIN Kudus pada 14-16 November 2022. Salah satu kegiatan tersebut yaitu kompetisi stand up comedy.

Steering Committee (SC) Kompetisi Stand Up Comedy Nanda Ika Muhariani menjelaskan, Stand Up Comedy digelar dengan tujuan memfasilitasi mereka yang memiliki skill atau kemampuan komedi lewat stand up comedy. Kompetisi ini dimulai usai acara opening ceremony dan pertunjukan seni tari Kretek serta angklung.

“Tujuannya, karena sekarang banyak yang punya skill komedi tetapi tenggelam, apalagi yang dari lokal. Melalui ini bisa dikembangkan lewat kompetesi stan up comedy, serta bisa menyebarkan luas dan diterima di masyarakat,” jelasnya, Senin (14/11/2022).

Beberapa penonton saat melihat penampilan komika tampil. Foto: Erna Safitri.
- Ads Banner -

Baca juga: Puluhan Pelaku UMKM Ikut Semarakkan Kopma Expo di Kampus IAIN Kudus

Sambungnya, ada sekitar 14 peserta yang mengikuti kompetisi stand up comedy. Meraka berasal dari berbagai kota, mulai dari Kudus, Pati, Grobogan hingga dari Jakarta. Dengan tema “Maraknya Generasi Milineal”, satu persatu peserta akan tampil di atas panggung secara bergiliran.

“Stand up comedy ini pesertanya ada dari berbagai kota, Pati, Kudus, gerobokan hingga Jakarta yang seluruhnya ad 14 peserta. Untuk biaya pendaftaran ini Rp 20 ribu saja,” sambungnya.

Sementara, ada dua juri yang didatangkan untuk menilai kemampuan dan materi dari setiap peserta. Meraka yaitu Syarif Nur Hidayatullah pemenang stand up comedy tahun 2016 dan salah satu dosen IAIN Kudus.

Pemenang kompetisi stand up comedy akan diumumkan di akhir perlombaan. Tetapi, untuk pemberian sertifikat, piala dan uang pembinaan akan diberikan pada puncak acara Kopma Expo pada Rabu, 16 November 2022.

“Ada guest star yang kita datangkan, yaitu pemenang kompetisi stand up comedy tahun 2016 asal Semarang yang nanti juga jadi salah satu jurinya. Pengumuman hari ini, tetapi hadiah dan uang pembinaan diberikan dipuncak acara expo,” ungkapnya.

Salah satu peserta, Rama Yulia Saputra asal Pati megatakan baru pertama kali mengikuti kompetisi stand up comedy setelah 10 bulan bergabung di Komunitas Stand Up Indo Pati. Ia menyebut, telah mempersiapkan materi stand up selama satu minggu terakhir.

Baca juga: Kopma IAIN Kudus Gelar UMKM Expo, Ada Turnamen Mobil Legend Hingga TikTok Challenge

“Persiapan satu Minggu, saya baru ikut komunitas awal tahun 2022, karena memang sudah sejak 2015 menyukai stand up comedy. Kalau ikut kompetisi ini, karena ingin nambah pengalaman open mic,” akunya.

Ia juga berharap kegiatan berupa kompetisi stand up comedy bisa terus diselenggarakan. Menurutnya kegiatan tersebut dapat menjadi wadah bagi para komedian lokal sepertinya untuk mengasah kemampuan dan materi stand up comedy.

“Harapannya acara -acara seperti ini bisa terus berlanjut karena menurut saya ini adalah wadah bagi anak-anak stand up mencoba materi dan mengasah kemampuan,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler