31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Warga Binaan Lapas Semarang Turut Peringati Hari Santri

BETANEWS.ID, SEMARANG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HPSN), dengan tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” pada Senin (24/10/22).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Semarang Tri Saptono Sambudji selaku inspektur upacara dan diikuti seluruh pegawai beserta santri Pondok Pesantren At-Taubah Lapas Semarang serta mahasiswa magang dari Universitas Diponegoro, Universitas Kristen Satya Wacana dan Universitas Islam Negeri Sunan Walisongo.

Peringatan Hari Santri yang digelar Lapas Semarang. Foto: Ist.

Baca juga: Batik Karya Warga Binaan Lapas Perempuan Semarang Terjual hingga Mancanegara

Dalam sambutannya, Tri Saptono menyampaikan kegiatan upacara peringatan Hari Santri Nasional akan rutin dilaksanakan. Momentum ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan warga lapas agar bisa tenang menjalani pembinaan di Lapas.

“Upacara ini bertujuan agar para santri dapat meneladani semangat jihad para tokoh pahlawan, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara,” ujar Tri Saptono.

Melalui momen upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, Kalapas mengajak agar bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi memperjuangkan kemaslahatan umatnya.

“Kita doakan agar arwah para pahlawan bangsa mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin,” pungkas Kalapas.

Doni, salah satu perwakilan warga binaan turut senang bisa ikut upacara ini.

Baca juga: Pamerkan Batik Karya Warga Binaan, Lapas Perempuan Semarang Gelar Bui Fashion Week

“Dengan upacara ini saya bisa menerapkan rasa disiplin beragama dan sekaligus bernegara,” ungkap warga binaan yang tersangkut kasus narkoba tersebut.

Selain itu, Lapas juga menggelar Khotmil Quran 30 juz serta Maulid Berjanji yang diikuti oleh perwakilan warga binaan. Hal ini bertujuan agar lebih meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi serta perilaku yang sesuai dengan syariat Islam.

Editor: Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER