31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaJATENGTinjau Jembatan Rusak...

Tinjau Jembatan Rusak di Kendal, Ganjar Janji Akan Bantu Segera Perbaiki

BETANEWS.ID, KENDAL – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau langsung Jembatan Juwero di Desa Triharjo, Kecamatan Gemuh, Kendal, yang rusak, Jumat (21/10/2022). Saat meninjau dalam kondisi hujan deras itu, dia mendapati tiang dan kabel penyangga jembatan roboh akibat talud penahan rusak diterjang derasnya air sungai, Kamis (13/10/2022) lalu.

“Ini karena ada kondisi yang menurut saya perlu mendapatkan perhatian. Karena jembatan ini masih dipakai untuk lalu lintas masyarakat dan ini kebetulan milik Perhutani. Jadi, beberapa hari lalu dilapori jembatan ini bahaya ambruk hari kamis seminggu lalu, kok gambarnya menakutkan. Jadi kita harus cepat merespon,” ujar Ganjar.

Ganjar Pranowo meninjau Jembatan Juwero di Desa Triharjo, Kecamatan Gemuh, Kendal, yang rusak, Jumat (21/10/2022). Foto: Ist

Ia memastikan akan bertindak cepat dalam menangani jembatan rusak tersebut, termasuk akan segera bersurat ke Perhutani agar dapat dilakukan perbaikan sesegera mungkin.

- Ads Banner -

Baca juga: Disurati Siswa yang Wadul Sekolahnya Rusak, Ganjar Langsung Gercep Datangi SDN 3 Sugihan

“Secara teknis sudah dirapatkan. Pemkab Kendal juga sudah, Perhutani sudah. Dan kita harus ada tindakan teknis cepat untuk menyelamatkan,” paparnya.

Lebih lanjut, kondisi jembatan sangat membahayakan dan rentan roboh. Sebab, konstruksi tiang gantungnya masih mengikat pada konstruksi bangunan yang baru. Apalagi, jembatan yang jadi aset Perhutani itu sebagian besar kontruksinya masih peninggalan Belanda

“Dan itu bisa berpotensi ambruk dan problemnya macam-macam. Bisa jembatan putus, menutup sungai dan di sebelahnya ada instalasi air. Jadi, kita akan segera komunikasi dengan Perhutani agar dilakukan tindakan cepat,” lanjutnya.

Ganjar juga telah berkomunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK) Provinsi Jawa Tengah berkait dengan teknis perbaikannya.

Baca juga: Cek 3 Rumah Pompa di Semarang, Ganjar Minta Penjaga Harus Disiplin dan Pastikan Alat Tak Rusak

“Teknis di lapangan tadi kata Kepala Dinas PU, menyatakan bagaimana kalau diangkat direposisi dulu baru kemudian dibuat perlakuan-perlakuannya. Ini harus cepat karena cuaca lagi tidak bagus,” imbuhnya.

Ganjar mengimbau kepada warga untuk tidak melintas di jembatan sebelum ada perbaikan.

“Distop dulu jangan ada yang melintas, ini bahaya. Nanti kita segera kirim surat resminya tapi sore ini saya mau kirim ke Dirut perhutani dulu agar direspon cepat,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler