31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Pemkab Kudus Akan Salurkan BLT Bagi 62.918 Buruh Rokok pada Anggaran Perubahan 2022

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus berkomitmen terus memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada buruh rokok yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Bahkan, di anggaran perubahan nanti, puluhan ribu buruh rokok di Kudus akan tetap mendapatkan BLT tersebut.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 215/2021 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.

Baca juga: Semringahnya Buruh Rokok di Kudus Dapat BLT

-Advertisement-

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, di perubahan anggaran tahun 2022 buruh rokok tetap akan mendapatkan BLT dari dana DBHCHT. Nanti BLT tersebut diberikan pada Bulan Desember atau akhir tahun, dengan nominal Rp 600 ribu.

“Masih tetap dapat BLT. Untuk Bulan Oktober dan November, masing-masing dapat Rp 300 ribu yang pemberiannya dirapel sekaligus pada Bulan Desember, yang berarti para buruh nanti menerima BLT sebesar Rp 600 ribu,” ujar Hartopo.

Orang nomor satu di Kabupaten Kudus itu berharap, BLT tersebut bisa meringankan beban kebutuhan para buruh rokok. Dengan terus adanya BLT kepada buruh rokok, semoga mereka bisa makin sejahtera.

“Ya, harapannya semoga buruh makin sejahtera. Semoga dengan adanya BLT bisa membantu para buruh rokok memenuhi kebutuhan keluarga,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos -P3AP2KB) Kabupaten Kudus, Agung Karyanto menuturkan, di perubahan anggaran tahun 2022 buruh rokok di Kudus yang mendapatkan BLT ada 62.918 orang.

Data tersebut, terdiri dari 38.918 buruh rokok yang dapat BLT dana cukai dari Pemkab Kudus. Serta sisanya sekira 24 ribu buruh yang mulanya dapat BLT dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Karena di anggaran perubahan tahun 2022 nantinya tak ada BLT dari Pemprov Jateng, sehingga nantinya diback-up oleh Pemkab Kudus,” ujarnya.

Baca juga: Buruh Rokok di Kudus Kembali Terima BLT untuk Tahap Dua

Ia mengungkapkan, BLT buruh rokok yang bersumber dari dana cukai di perubahan anggaran tahun 2022 nantinya diperuntukan untuk Bulan Oktober dan November, masing-masing Rp 300 ribu. Penyalurannya dirapel dua bulan sekaligus pada Bulan Desember.

“Untuk jumlah anggaran tinggal mengkalikan saja total penerima dikalikan Rp 600 ribu. Nantinya BLT buruh rokok itu diberikan pada Bulan Desember,” jelasnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER