31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKISAHHampir Menyerah Karena...

Hampir Menyerah Karena Jualannya Sepi, Kini Alex Sudah Punya Tiga Cabang Lapak Gorengan

BETANEWS.ID, KUDUS – Dua orang tampak sedang berbagi tugas di lapak jualan gorengan yang berada di tepi Jalan Sentot Prawirodirjo, yakni di depan Kantor KUA Kecamatan Jati, Kudus. Ada yang melayani pembeli dan ada juga yang sedang menggoreng gorengan. Satu di antaranya adalah Alex Riyan (31), pemilik lapak gorengan tersebut.

Alex begitu ia akrab disapa bersedia berbagi kisahnya merintis usaha gorengan dari nol hingga kini ramai pembeli. Alex bercerita, bahwa ia sempat hampir menyerah menjadi seorang penjual gorengan lantaran waktu buka hingga beberapa bulan masih sepi pembeli. Namun, karena dukungan kakaknya dan memberikannya modal untuk usaha, ia pun bertahan hingga sekarang.

Alex saat melayani pembeli. Foto: Kaerul Umam.

Baca juga: Lapak Gorengan di Kudus Ini Laris Banget, Sehari Omzet Bisa Jutaan Rupiah

- Ads Banner -

“Dulu hampir menyerah karena sepi pembeli di awal merintis usaha ini. Waktu itu saya rugi hingga Rp 8 juta. Saya kemudian ikut bekerja dengan orang lain untuk mengasah mental dan belajar membuat resep,” beber Alex kepada Betanews.id, Selasa (18/10/2022).

Ia menjelaskan, dari awal ia hanya mempunyai pengalaman berjualan gorengan. Diawali dengan ikut tetangga yang berjualan di daerah Tangerang selama tiga tahun lamanya. Kemudian pada tahun 2012 ia memberanikan diri untuk merintis usaha sendiri.

“Usaha waktu awal memang berat, karena belum banyak yang tahu dan saya selama tiga bulan hasil dari penjualan hanya bisa bertahan untuk membeli bahan untuk dijual kembali. Barulah setelah masa sulit tiga bulan itu, di bulan berikutnya sudah mulai ada peningkatan penjualan. Ya setidaknya dalam satu tahun baru bisa ada pendapatan,” ujarnya.

Dengan semangat dan dukungan dari keluarganya, kini penjualannya bisa beromzet hingga Rp 1,5 juta sehari.

“Ya alhamdulillah saat ini sudah mulai dikenal dan bisa menjual hingga 1.500 gorengan sehari. Harga gorengan per satu biji hanya seribuan,” tuturnya anak bungsu dari tiga bersaudara tersebut.

Baca juga: Supaya Dekat Anak, Ismail Rela Tinggalkan Pelanggan di Semarang dan Pilih Jualan Gorengan di Kudus

Beberapa gorengan yang dijualnya itu seperti bakwan sayur, bakwan jagung, tahu isi, mendoan, karamel (pisang coklat), molen, ketela goreng, dan lain sebagainya.

“Meski ada banyak pesaing, alhamdulillah lapak ini masih menjadi jujugan pembeli. Tak hanya di sini, saya juga mempunyai cabang, yaitu di Pekeng Mejobo dan Pasar Wates Undaan,” ungkapnya di lapak yang buka mulai pukul 9.00 hingga pukul 18.00 WIB itu.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler