31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaFASHIONSepatu Batik dengan...

Sepatu Batik dengan Desain Unik dari Kur-Kur untuk Tampil Lebih Kece

BETANEWS.ID, SOLO – Banyak desainer yang terus melakukan inovasi menciptakan gaya fesyen yang menyesuaikan perkembangan zaman. Banyak produk tradisional yang kemudian dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih menarik, khususnya di kalangan muda.

Seperti sepatu dengan menggunakan bahan dasar kain batik dan kain lurik yang diproduksi oleh Prihatini (40) dengan brand Kur-Kur.

Uniknya, sepatu dengan bahan dasar kain batik itu memang dibuat berbeda setiap pasangnya. Sehingga sepasang sepatu memiliki motif yanf berbeda.

Aneka sepatu batik dari Kur-Kur. Foto: Khalim Mahfur.
- Ads Banner -

Baca juga: Batik Toeli Laweyan Solo Ciptakan Motif MotoGP Mandalika

“Kita identiknya kanan sama kiri beda. Kalau dulu awal-awalnya kita seneng sama batik, terus pada akhirnya kita coba dikit. Dulu kita buat (sepatu) sepasang sama. Terus lama lama kita buat beda, ada temen nanyain kok bagus gitu. Ternyata banyak yang minat,” kata Prihatini.

Meski dibuat dengan bahan dasar kain batik dan lurik, Prihatini membuatnya nampak kekinian dengan mendesain model sepatu yang sedang trend saat ini.

“Kita buatnya manual, mesin kita juga masih genjot. Makanya kita (produksi) nggak bisa cepet, tenaga kita juga manual. Sebulan bisa bikin sampai 10 pasang, 20 pasang,” katanya.

Jenis yang dibuat juga bermacam-macam, mulai dari sandal selop, sandal jepit, sepatu sneackers, sepatu boot, sepatu hak tinggi, dan masih banyak lagi.

“Jenis sepatu, udah banyak kemarin ada perpaduan batik sama kulit. Sepatu boot yang buat fashion show gitu juga ada,” ujarnya.

Meski Kur-Kur sudah membuat desain sepatu yang unik, namun bagi kastamer juga bisa memesan sepatu sesuai dengan keinginannya sendiri.

“Desain dari kita, tapi bisa kustom juga. Biasanya kalau untuk kastamer kita kasih waktu dua minggu, soalnya takutnya nanti ada kemunduran (waktu selesai pembuatan),” kata dia.

Baca juga: Makin Eksis Sejak Dipakai Gibran, Batik Paundra Diajak Meriahkan Hari Batik Nasional 2022

Untuk perawatannya, Prihatini menjelaskan, bahwa sepatu batik ini sama dengan kain-kain lainnya. Menurutnya, sepatu tidak boleh sering dicuci, sehingga lem serta motif batik masih aman.

Prihatini menjual sepatu batiknya di toko yang berada di Mojosongo, Solo. Selain itu, sepatu Kur-Kur juga dijual secara online melalui instagram @batiqe-kurkur dan melalui pesan WhatsApp.

“Kalau utuk sandal biasanya kisaran Rp 250-260 ribu. Tapi kalau sepatu kita ada yang Rp 400-450 ribu. Untuk yang paling mahal biasanya heels ini,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler