31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaBUDAYATradisi Tukar Sembako...

Tradisi Tukar Sembako dengan Nasi Berkah di Buka Luwur Sunan Kedu

BETANEWS, KUDUS – Memperingati Buka Luwur Sunan Kedu atau Syekh Abdul Bashir, masyarakat Desa Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus mengadakan kirab. Dalam rangkaian prosesi itu, warga setempat juga menjalankan tradisi tukar sembako dengan nasi berkah.

Plt Sekertaris Desa Gribig Muhammad Kamal mengatakan, masyarakat yang mengikuti kirab luwur nantinya mendapatkan dua bungkus nasi berkah dan menggantinya dengan bahan mentah.

Nasi berkah Buka Luwur Sunan Kedu yang akan dimakan secara kepungan. Foto: Sekarwati.

“Jam 14.00 ada penukaran dari bahan mentah jadi bahan matang. Ada yang beras, hasil bumi, gula putih, sembako (lain), setelah itu mendapat nasi,” katanya pada betanews.id, Rabu (10/8/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Kirab Buka Luwur Sunan Kedu di Gribig Berlangsung Meriah

Tradisi menukar sembako dengan nasi berkah, lanjut Kamal, sebagai bentuk kemandirian masyarakat Desa Gribig lantaran tidak mendapatkan donasi tetap.

“Tradisinya seperti itu, karena kita mandiri belum ada donasi. Berasal dari masyarakat dan akan kita kembalikan lagi kepada masyarakat,” imbuhnya.

Di setiap Buka Luwur Sunan Kedu, panitia menyediakan ribuan nasi berkah dengan lauk daging kambing atau kerbau. nasi tersebut ada yang dibungkusu daun jati ada pulan yang ditaruh dalam nampan untuk dimakan bersama-sama.

“Masyarakat Gribig percaya bahwa nasi itu membawa berkah, seperti diberikan kesehatan, keselamatan, dan kelancaran rezeki, bahagia,” tukas Kamal.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler