31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaBUDAYARibuan Peserta Meriahkan...

Ribuan Peserta Meriahkan Kirab Budaya Haul Mbah Rogo Moyo

BETANEWS.ID, KUDUS – Dukuh Prokowinong, Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu menggelar kirab budaya haul Mbah Rogo Moyo pada 14 Muharam atau Kamis (11/8/2022). Kirab budaya yang dibyka oleh Bupati Kudus HM Hartopo itu kembali digelar setelah berhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Plt Sekretaris Desa sekaligus ketua panitia, Nurul Abidin menjelaskan, acara tersebut dimulai pukul 13.30 WIB. Peserta kirab akan membawa gunungan dari Masjid Alid (Darul Istiqomah) sampai Lapangan Gelora Blok Makan Mbah Rogo Moyo.

“Puncakya pada siang hari ini adalah kirab budaya. Alhamdulillah dihadiri bapak Bupati Kudus beserta Asisten II, (perwakilan) Disbudpar, Camat Kaliwungu, dan Kepada Desa Kaliwungu,” tuturnya.

- Ads Banner -

Baca juga: Kisah Mbah Rogo Moyo, Penyebar Agama Islam dan Maestro Rumah Adat Kudus

Dalam kirab tersebut, pihaknya melibatkan 33 kontingen atau 2.000 peserta yang berasal dari warga desa perwakilan RW 6-8, instansi sekolah, IPNU-IPPNU, dan Ibu PKK. Para peserta itu ada yang membawa gunungan nasi berkah, gunungan hasil bumi, miniatur Joglo Pencu Tumpang Songo, bekakas tukas, drum band, dan masih banyak lagi.

Kepala Desa Kaliwungu Syafi’i Noor menambahkan, adanya Kirab Budaya Haul Mbah Rogo Moyo diharapkan bisa jadi pelajaran anak cucu agar mengetahui sejarah serta meneladani Mbah Rogo Moyo.

“Kita lestarikan kita nguri-nguri adat Mbah Rogo Moyo ini untuk sejarah anak cucu kita sehingga  nanti tahu tentang Mbah Rogo Moyo yang sifatnya tawadu dan selalu mengalah,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler