31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaBUDAYAIni Alasan Warga...

Ini Alasan Warga Rela Antre untuk Bisa Mendapatkan Nasi Berkat Buka Luwur

BETANEWS.ID, KUDUS – Puncak acara Buka Luwur Makam Sunan Kudus yang digelar setiap 10 Muharam, biasanya terdapat tradisi pembagian nasi berkat yang dikenal dengan nasi jangkrik. Seperti halnya pada Senin (8/8/2022), juga ada pembagian nasi berkat Buka Luwur untuk warga.

Tampak ribuan warga memadati komplek Masjid Menara Kudus mengantre untuk bisa mendapatkan nasi jangkrik. Mereka tampak berjubel untuk bergantian agar bisa dapat berkat Buka Luwur.

Warga berjubel untuk mengantre mendapatkan nasi berkat Buka Luwur Sunan Kudus. Foto: Sekarwati.

Baca juga: Hari Ini Puncak Buka Luwur Makam Sunan Kudus, Berikut Rangkaian Seluruh Kegiatannya

- Ads Banner -

Muhammad Kharis, humas Panitia Bukak Luwur Sunan Kudus menjelaskan, pembagian berkat yang menjadi rangakaian acara Buka Luwur ini telah menjadi tradisi turun-temurun yang dipertahankan sampai sekarang. Meski belum diketahui sejak kapan, namun ia menyatakan kegiatan tersebut sudah ada sejak ratusan tahun.

“Untuk pastinya kurang tahu, cuma sudah ratusan tahun kita jaga terus tradisi Buka Luwur ini. Setiap tanggal 10 Muharam, selalu dilakukan pergantian Luwur Sunan Kudus, ada sedekah dan pembagian berkat kepada masyarakat sebagai tradisi turun-temurun yang dipertahankan sampai saat ini,”ungkapnya.

Kharis menyatakan, nasi berkat yang dibagikan kepada masyarakat umum mengandung keberkahan dan nilai positif. Keberkahan tersebut tidak lain berasal dari doa-doa yang dipanjatkan selama prosesi Buka Luwur.

Ia menambahkan, dalam proses pembuatan nasi berkat tersebut, sebelum memasak diadakan doa dan juga sebelum dibagikan kepada masyarakat. Termasuk ketika sesudah Subuh, juga dipanjatkan doa oleh panitia di Tajuk.

“Pada prinsipnya ini sedekah dari masyarakat yang bernilai ibadah juga mengandung energi positif. Dari pihak panitia juga ada doa dari rangakaian Buka Luwur, baik ketika mau masak, mau didistribusikan,” bebernya.

Dua santri yang ikut mengantre nasi berkat, yakni Ummi dan Farikha mengungkapkan, dalam pembagian berkat tersebut mereka berharap keberkahan Kanjeng Sunan Kudus. Yaitu dengan ikut berebut nasi berkat yang dibagikan panitia Buka Luwur Sunan Kudus.

“Alasannya karena ngalap berkah dari Kanjeng Sunan Kudus, selain itu nasi jangkriknya enak, isiannya daging sama nasi biasanya,”kata Ummi dan Farikha.

Baca juga: Dapat Jodoh, Penen Berlimpah, hingga Cepat Hafidz Alquran Jadi Alasan Warga Berburu Nasi Jangkrik

Selain mereka berdua, ada Roni dari Pati juga menyatakan alasan yang sama. Yaitu dirinya rela berdesak-desakan berebut nasi berkat demi mendapatkan keberkahan serta memenuhi rasa penasarannya dengan nasi daging yang berbalut daun jati tersebut.

“Dari Pati tadi sampai sini jam setengah enam. Tadi antre tertib, terus ditengah-tengah desak-desakan. Alhamdulillah dapat. Karena untuk ngalab berkah dan baru pertama kali terus penasaran,”ungkap pria asal Pati tersebut.

Editor : Kholistiono

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler