31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKUDUSHari Ini Puncak...

Hari Ini Puncak Buka Luwur Makam Sunan Kudus, Berikut Rangkaian Seluruh Kegiatannya

BETANEWS, KUDUS – Rangkaian acara Buka Luwur Makam Sunan Kudus telah berlangsung beberapa hari. Kemudian, hari hari ini, Senin (8/8/2022) yang bertepatan dengan 10 Muharam, merupakan puncak acara tersebut.

Humas Panitia Buka Luwur Muhammad Kharis mengatakan, puncak acara Buka Luwur Makam Sunan Kudus dimulai dengan pemberian nasi berkat berupa nasi Uyah Asem yang dibagikan secara umum kepada masyarakat. Setelah itu, dilanjutkan dengan penerapan kain penutup bagian dalam makam Sunan Kudus.

Warga tampak mengantre untuk mendapatkan nasi berkat Buka Luwur. Foto: Sekarwati.

Baca juga: 30.800 Nasi Jangkrik Dibagikan Pada Masyarakat saat Buka Luwur Sunan Kudus

- Ads Banner -

“Untuk hari ini yaitu puncak acara, yakni upacara Buka Luwur serta pembagian berkat. Hari ini pemasangan Luwur untuk bagian dalam Makam Sunan Kudus. Itu merupakan bagian akhir dari pemasangan Luwur yang baru,” katanya pada betanews.id.

Rangkaian tradisi Buka Luwur, kata Kharis, sebelumnya telah dimulai pembuatan kain sejak Kamis. Setelah itu, dilanjutkan pemasangan Luwur pada Jumat hingga Minggu, serta puncak acara pada 10 Muharam dengan pemasangan penutup Makam Sunan Kudus.

“Jadi tahapannya itu tanggal 1 pelepasan, kemudian tanggal 6 itu pembuatan, dan tanggal 7,8,9 itu pemasangan, puncaknya mulai 10 Muharam,” jelasnya.

Kharis mengatakan, Buka Luwur merupakan suatu tradisi rutin tahunan untuk mengganti kain penutup Makam Sunan Kudus. Ia menerangkan, dalam acara itu setidaknya melibatkan 1.200 tenaga panitia dan perewang.

Puncak acara Buka Luwur lanjut Kharis, turut mengundang beberapa tokoh masyarakat, yakni para pemuka agama dan pemerintah daerah.

“Kita ada 330 tamu undangan, terdiri dari tokoh agama, terus dari pemkab juga ada. Rutin termasuk mengundang Gubernur, Wakil Gubernur dan Bupati,” imbuhnya.

Salah satu peziarah asal Pecangan Jepara, Istianah (60) mengatakan, ia rutin berziarah ke Makam Sunan Kudus dengan berharap keberkahan.

“Saya kalau ke sini itu pasti ziarah, terus untuk silaturahim dan meminta keberkahan pada Allah melalui perantara Sunan Kudus. Harapannya saya meminta kesehatan untuk semua keluarga saya dan kelancaran rezeki,” ujarnya.

Baca juga: Dapat Jodoh, Penen Berlimpah, hingga Cepat Hafidz Alquran Jadi Alasan Warga Berburu Nasi Jangkrik

Untuk diketahui, secara keseluruhan rangkaian acara Buka Luwur Makam Sunan Kudus telah dimulai pada 14 Juli 2022, yakni Penjamasan Pusaka. Kemudian, dilanjutkan pengajian Tahun Baru Hijriah pada 29 Juli. Selanjutnya pelepasan Luwur Pesarean pada 30 Juli.

Kemudian, ada pula gelaran Kuliner Empat Negeri pada 30 Juli-7 Agustus, Kirab P3B pada 31 Juli, Bahtsul Masail Nasional pada 4 Agustus, Doa Rasul dan Terbangan pada 6 Agustus, Khatmil Quran Bil Ghaib pada 7 Agustus, Santunan Anak Yatim pada 7 Agustus, pembacaan Qasidah Albarjanzi pada 7 Agustus, Pengajian Umum pada 7 Agustus dan puncaknya pada 8 Agustus yakni pembagian berkat Salinan, pembagaian berkat kartu sodaqoh, pembagian berkat umum dan upacara Buka Luwur.

Editor : Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler