31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaMusikBesok NDX AKA...

Besok NDX AKA hingga Andy /rif Akan Meriahkan Konser Rapsodia Nusantara di Sam Poo Kong

BETANEWS.ID, SEMARANG – Sederet penyanyi papan atas Indonesia akan memeriahkan Konser Rapsodia Nusantara di Klenteng Sam Poo Kong itu akan digelar Sabtu (13/8/2022) malam. Pagelaran musik yang menjadi rangkaian perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI sekaligus HUT ke-72 Jawa Tengah itu akan disajikan dalam format orkestra oleh komposer terkemuka Dwiki Dharmawan bersama World Peace Orchestra.

Beberapa penyanyi yang dipastikan tampil adalah Andy /rif, Dira Sugandi, Gabriel Harvianto, Filda C Wibowo dan Nano Tirto, Sruti Respati, NDX AKA, kelompok musik Kolintang Gratia, dan Gamelan Soepra.

Konduktor sekaligus penata musik dan pendiri World Peace Orchestra Dwiki Dharmawan mengatakan, konser kali ini merupakan ide dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang ingin memberikan hiburan bernilai edukasi budaya bagi masyarakat.

- Ads Banner -

Baca juga: Desainer Jateng Diminta Tiru Cara Citayam Fashion Week Viralkan Karya

“Pak Ganjar ingin memberikan hiburan sekaligus edukasi bagi masyarakat dengan adanya satu musik kolaborasi,” ujar Dwiki dalam jumpa pers di Sam Poo Kong, Jumat (12/8/2022).

Untuk menerjemahkan keinginan itu, muncul lah isu tentang kebhinekaan, toleransi, dan semangat bangkit untuk ekonomi kreatif dan ekonomi sosial budaya yang akan dibawakan dalam konser.

“Dengan mengangkat keberagaman lagu-lagu Nusantara, lagu nasional, lagu popular dan karya musik baru dengan balutan musik orkestra, audiens dapat menikmati nada dan ritmis yang berbeda-beda tapi bersatu dalam harmonisasi yang indah,” imbuh Dwiki.

Baginya, ini adalah momentum yang tepat untuk menyampaikan gagasan tentang ke-Indonesiaan. Sebab baginya, Jawa Tengah merupakan representatif dari Indonesia.

“Jawa Tengah itu representatif dari Indonesia. Indonesia mini,” ucapnya.

Baca juga: Dinas Perikanan Semarang Tebar 52.500 Benih Ikan di Banjir Kanal Barat

Makanya, lanjut Dwiki, konser ini didedikasikan untuk merayakan dan mengangkat keragaman dan keindahan. 

“Dengan mengangkat keberagaman lagu-lagu Nusantara, lagu nasional, lagu popular dan karya musik baru dengan balutan musik orkestra audiens dapat menikmati nada dan ritmis yang berbeda-beda tapi bersatu dalam harmonisasi yang indah,” ujar Dwiki

Sementara, Andy Rif mengaku ini adalah kali pertama dirinya tampil di Sam Poo Kong. 

“Iya, ini baru pertama main di Sam Poo Kong. Dalam konser ini saya banyak belajar karena ada sesuatu yang baru,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler