31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKOMUNITASLapak Baca Buku...

Lapak Baca Buku Gratis, Ide Kreatif Komunitas Pustaka Malam Ajak Warga Pati Gemar Membaca

BETANEWS.ID, PATI – Menyadari bahwa minat membaca masyarakat Kabupaten Pati masih rendah, Komunitas Pustaka Malam membuka lapak baca buku gratis malam hari di Alun-Alun Pati setiap Sabtu dari pukul 17.00-21.00 WIB.

Founder Pustaka Malam Dean Karunia Dewangga menjelaskan, lapak baca buku gratis ini sudah dimulainya sekitar empat tahun lalu. Ini merupakan upayanya menyadarkan kembali minat membaca dan menulis warga Pati yang mulai menghilang tergantikan gadget.

“Dengan kegiatan ini kami berharap bisa kembali menumbuhkan minat baca dan menulis masyarakat Pati. Karena memang saat ini kesadaran dan minat membaca anak-anak dan pemuda di Pati mulai hilang,  terutama saat mereka sudah mempunyai gadget,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

- Ads Banner -

Baca juga: Mengenal Forum Kalen, Komunitas Kaum Intelektual di Kudus

Di samping itu, komunitas yang terdiri dari 24 anggota itu pernah mengalami kendala. Terutama saat pandemi dan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ketat.

“Waktu PPKM kami buka lapaknya kucing-kucingan. Tapi kami tetap usahakan untuk membuka lapak baca buku gratis ini,” ucapnya.

Baca juga: Lebih Dekat dengan CRC, Komunitas Pecinta Kucing di Kudus

Selain buku untuk dibaca, komunitas ini juga menyiapkan lapak mewarnai gratis bagi anak-anak. Tujuannya agar setiap orang yang datang merasa senang dan nyaman.

Di sisi lain, komunitas ini juga menerima donasi buku. Baik itu buku pelajaran, cerita pendek (cerpen), novel, dan sebagainya.

“Kami siap menerima donasi buku bekas yang masih layak dipergunakan. Bisa menghubungi kami di Instagram @pustakamalam_pati,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler