31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaKUDUSPATIKesalahan Bukan pada...

Kesalahan Bukan pada Paspor, Ini Klarifikasi Imigrasi Soal Calhaj Pati yang Tertunda Keberangkatannya

BETANEWS.ID, KUDUS – Kantor Imigrasi Kelas I Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pati mengklarifikasi terkait informasi adanya calon haji asal Kabupaten Pati yakni Loso Muksan Sirah (54) yang batal berangkat ke tanah suci gegara adanya kesalahan foto dalam paspor.

Loso, calhaj asal Desa Rogomulyo, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati itu, sebelumnya dalam keterangannya kepada awak media di Asrama Haji Donohudan Boyolali pada Rabu (8/6/2022), mengaku gagal berangkat karena masalah paspor yang fotonya tertukar.

Terkait hal ini Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati Hasanin menegaskan, bahwa berdasarkan hasil pengecekan, data yang tertera pada paspor telah sesuai dan tidak terdapat adanya kesalahan. Baik itu dalam proses input data dan penerbitan paspor milik Loso Muksan Sirah a.k.a. LOSO MUKSAN KODUWERIYO.

- Ads Banner -

Baca juga: Kasihan, Satu Calhaj Pati Gagal Berangkat Karena Salah Foto Paspor

Paspor milik Loso Muksan Sirah (kiri) dan visa haji (kanan) milik Loso yang diduga terjadi kesalahan pada foto. Foto: Ist.

Terkait dengan pembatalan keberangkatan Loso ke Tanah Suci, menurutnya terdapat kemungkinan adanya perbedaan data (foto) antara paspor dan visa haji yang bersangkutan.

“Dapat kami sampaikan, bahwa penerbitan visa haji merupakan kewenangan perwakilan negara yang dituju. Dalam hal ini adalah Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta,” ujar Hasanin dalam rilis yang diterima Betanews.id pada Kamis (9/6/2022).

Sebeleumnya diberitakan, calhaj kloter 2 asal Pati itu menyebut belum bisa terbang ke Arab Saudi karena ada kesalahan administrasi.

Kesalahan dokumen dari paspor. Salahe gambare paspor itu namane bener, tetapi ternyata yang ditempel di situ foto cewek,” kata Loso kepada Betanews.id.

Menurut Loso, yang menempel pas fotonya adalah petugas kantor imigrasi. Dari rombongannya, hanya ia saja yang mengalami kesalahan dokumen.

Temene nek seng dari Pati namung kulo piyambak seng salah dokumen (hanya saya sendiri yang salah dokumen). Tapi kemarin ya wonten seng sakit mripat tapi sampun budhal (kemarin ya ada yang sakit mata, tapi sudah berangkat),” ujar Warga Desa Rogomulyo, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati itu.

Terkait hal ini, Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin juga melakukan klarifikasi. Bahwa calon haji asal Pati bernama Loso Muksan Sirah itu tertunda keberangkatannya karena masalah visa.

“Jadi visanya Pak Loso (calhaj asal Pati) itu ditempel foto jemaah lain, kesalahannya di situ. Dan prosesnya juga sudah dilakukan perbaikan ya, jadi bukan kesalahan di paspor, tapi kesalahan di visa, penempelan foto yang ada di visa,” jelas Sarip (9/6/2022).

Baca juga : PPIH Embarkasi Solo Bantah Calhaj Pati Gagal Berangkat Karena Paspor, Inilah Penyebabnya

Ia menjelaskan, pengurusan visa berada di kedutaan negara dan bukan merupakan ranah kantor imigrasi. Ia menjelaskan, visa calhaj asal Pati itu saat ini telah diurus dan tengah dikirimkan dari Jakarta.

“Begitu kita mengetahui kesalahan itu, kita segera lakukan perbaikan, pembetulan sesuai dengan aslinya dan alhamdulillah kemarin sudah selesai dan ini masih proses ke Embarkasi Solo ini,” paparnya.

Sahrul juga memastikan bahwa saudara Loso akan segera diberangkatkan ke Tanah Suci. Namun tentunya juga melihat open seat atau ketersediaan kursi penerbangan yang ada.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler