31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKUDUSDianggarkan Rp 2...

Dianggarkan Rp 2 Miliar, Pembangunan Gedung Baru Museum Patiayam Kini Masuki Tahap Lelang

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus sedang merencanakan pembangunan gedung Museum Situs Purbakala Patiayam yang terletak di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, untuk tempat displai fosil-fosil temuan.

Plt Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah menjelaskan, pembangunan fisik gedung baru Museum Situs Purbakala Patiayam dianggarkan sebesar Rp 2 miliar dan saat ini sudah masuk dalam proses lelang.

Baca juga: Perluasan Bangunan Museum Patiayam Terkendala Status Kepemilikan Tanah

- Ads Banner -

“Perencanaan sudah selesai, sekarang masuk proses pelaksanaan lelang. Untuk anggaran fisiknya sendiri sekitar Rp 1,8 miliar dan perencanaannya hampir Rp 200 juta,” ujarnya.

Anggaran yang disediakan itu, lanjut Mutrikah, digunakan untuk membangun satu gedung tambahan yang luasannya hampir sama dengan gedung yang saat ini digunakan.

“Gedung yang dibangun ini, nantinya digunakan untuk displai fosil-fosil temuan. Luasannya sama dengan bangunan gedung Museum Patiayam yang sekarang,” katanya.

Hingga saat ini, bangunan gedung Museum Situs Purbakala Patiayam sendiri statusnya masih sewa di atas tanah Pemerintah Desa Terban.

“Rencananya mau beli tanahnya, tapi karena ada refocusing anggaran, jadi anggaran diprioritaskan untuk penanganan covid. Tapi kami sudah mengusulkan,” ucapnya.

Baca juga: Pemkab Bakal Kembangkan Patiayam Jadi Situs Purbakala Terbesar di Indonesia

Meski begitu, dengan adanya pembangunan gedung tambahan di Museum Situs Purbakala Patiayam itu, diharapkan bisa menampilkan fosil-fosil temuan. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat baik untuk wisata edukasi maupun penelitian.

“Jadi fosil temuan bisa dipamerkan dan dipajang untuk wisata edukasi ataupun penelitian bagi masyarakat,”ujarnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler