31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

BPPKAD Kudus Tertibkan Reklame yang Mangkir Bayar Pajak

BETANEWS.ID, KUDUS – Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus menerjunkan Tim Satgas Pajak Daerah untuk menertibkan reklame yang tak berizin. Tim itu berisi anggota lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan penyisiran sekaligus pembersihan media promosi yang tak berizin maupun yang telah habis masa perizinanya.

Kabid Pendapatan Daerah pada BPPKAD Kudus, Famny Dwi Arfana menjelaskan, tim itu terdiri dari DPMPTSP, PKPLH, PUPR, Satpol PP, Kominfo, dan Pihak swasta. Mereka akan melaksanakan penyisiran secara rutin. Untuk hari ini, Rabu (8/6/2022) sasaranya mulai sepanjang Jalan Sunan Muria, Jalan Sosrokartono, hingga Jalan Kudus-Colo.

“Kami melakukan penertiban reklame yang tidak berizin dan belum membayar pajak. Hal ini sesuai dengan perda nomor 17 tahun 2010 tentang pajak reklame. Kami juga lakukan pengambilan maupun pemasangan stiker belum lunas pajak bagi reklame bermasalah,” katanya.

-Advertisement-

Baca juga: Pemkab Kudus Bakal Gelar Operasi Bersama Bea Cukai untuk Berantas Rokok Ilegal

Mengacu pada peraturan perundang-undangan, upaya yang dilakukan semata untuk menegakkan Perda. Lantaran, pajak yang didapatkan akan dikembalikan lagi pada masyarakat melalui pembangunan.

“Sesuai Perda tentang pajak reklame, Setiap usaha yang melakukan promosi dengan cara pemasangan baner, media, neon box, baliho atau sejenisnya termasuk perbuatan yang bertujuan mengenalkan suatu produk, menganjurkan, menarik perhatian umum baik barang, jasa, orang atau usaha dikenai pajak reklame,” jelasnya.

Baca juga: Lakukan 48 Penindakan, Bea Cukai Kudus Sita 5 Juta Batang Rokok Ilegal Senilai Rp 6 M

Dirinya berharap, kesadaran para pelaku usaha atau wajib pajak reklame agar taat membayarkan pajak sesuai amanat undang-undang.

“Untuk itu kami imbau masyarakat agar tertib pajak. Media promosi berizin maupun tidak, dapat diketahui dengan tanda stiker yang dikeluarkan BPPKAD,” ungkapnya.

Dirinya pun menegaskan, meski telah berizin, pemasangan media promosi juga harus sesuai dengan aturan yang ditentukan sesuai ketertiban, keindahan, kebersihan (K3).

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER