31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaKUDUSPemkab Kudus Alokasikan...

Pemkab Kudus Alokasikan Rp52 Miliar dari Dana Cukai untuk BLT Buruh Rokok

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kudus mengalokasikan anggaran Rp52 miliar dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2022 untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi buruh rokok. Nantinya, BLT itu akan disalurkan kepada 43.500 buruh rokok di beberapa perusahaan.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kudus, Mundir melalui Kepala Bidang Kelembagaan Darwati mengatakan, setiap penerima akan mendapatkan BLT senilai Rp1,2 juta. BLT itu akan diberikan secara bertahap selama 4 bulan dengan per bulonnya mendapat Rp300 ribu.

“Total ada 43.500 buruh rokok Kudus yang akan menerima BLT-DBHCHT kabupaten. Selain itu ada juga yang akan mendapatkan BLT dari DBHCHT provinsi, jumlahnya 24.795 orang penerima,” kata Darwati, Kamis (19/5/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Pemkab Kudus Jamin Buruh Rokok yang Belum Terima BLT Akan Dapat Tahun Depan

Penerima BLT dana cukai provinsi, lanjutnya, dibagi dua kriteria penerima. Sebanyak 110 orang merupakan penduduk asli Kudus yang bekerja sebagai buruh rokok di luar Kudus. Sementara sisanya penduduk asli Kudus yang bekerja di Kudus.

“Kemudian untuk penerima BLT-DBHCHT pada dasarnya persyaratannya masih sama seperti tahun sebelumnya. Statusnya merupakan karyawan pabrik rokok legal, sebagai pekerja harian, tenaga borong, maupun pekerja penuh waktu. Bukan tenaga administrasi, penjaga keamanan atau satpam,” jelasnya.

Sejauh ini, ungkap Darwati, proses pencairan BLT-DBHCHT masih tahap verifikasi data. Untuk pembagiannya belum diketahui waktu tepatnya.

“Kami masih menunggu juknis dan surat putusan dari Bupati Kudus. Semua masih proses verifikasi data, prosesnya masih panjang,” tandas dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler