31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Harga Tiket Bus Arus Balik dari Kudus ke Jabodetabek Naik, Ini Daftar Harganya

BETANEWS.ID, KUDUS – Warga Kudus dan sekitarnya yang saat ini mudik Lebaran ke kampung halaman, sebagian baru bersiap untuk balik lagi ke perantauan. Satu di antaranya tujuan mereka adalah Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan moda transportasi yang dipilih adalah bus. Sama halnya dengan arus mudik, harga tiket bus menuju arah Jakarta dan sekitarnya saat ini pun mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dari hari biasanya.

Ditemui di Terminal Jati, Kudus, agen penjuaalan tiket Bus PO Bejeu yakni Tasmin mengatakan, harga tiket bus pada arus balik saat ini adalah Rp 430 ribu untuk jurusan dari Muria Raya ke Jabodetabek. Sedangkan tiket bus jurusan Bandung harganya Rp 330 ribu.

Penumpang sedang menunggu bus di salah satu agen bus di Terminal Jati Kudus. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga : Dengan Aplikasi My New Shantika, Beli Tiket Bus Kini Bisa Sambil Rebahan di Rumah

“Harga tersebut memang lebih mahal dua kali lipat dibanding harga tiket pada hari biasa. Setiap arus balik memang tiket bus mengalami kenaikan cukup signifikan, sama dengan saat mudik,” ujar Tasmin kepada Betanews.id, Senin (9/5/2022).

Hal senada juga dikatakan oleh agen penjualan tiket bus PO Shantika yakni Sumari. Dia mengakui, pada arus balik lebaran, harga tiket bus memang mengalami kenaikan cukup signifikan, termasuk PO New Shantika. Besaran harga tiket bus PO New Shantika kurang lebih sama dengan harga tiket bus saat mudik.

“Harga tiket bus dibagi tiga kelas, sesuai tipe armadanya. Bus kelas eksekutif harganya Rp 430 ribu, bus kelas super eksekutif Rp 460 ribu, kelas sleeper bus Rp 500 ribu. Sedangkan tujuan Bandung harga tiketnya Rp 360 ribu,” rinci Sumari.

Dia mengakui, nominal kenaikan harga tiket PO New Shantika itu dua kali lipat dari harga biasanya. Menurutnya, kenaikan harga tiket bus pada arus balik itu terjadi sejak Sabtu (7/5/2022) atau H+5 Lebaran.

“H+2 Lebaran sebenarnya harga tiket bus sudah naik, tapi tidak signifikan, hanya Rp 20 ribu saja. Namun H+5 Lebaran, harga tiket bus naik cukup signifikan dan harga akan berangsur normal sebulan kemudian,” jelasnya.

Dia mengatakan, meski harga tiket naik hingga dua kali lipat dari hari biasa tapi hal itu tak berdampak pada jumlah penumpang. Menurutnya penumpang tetap membludak.

“Penumpang full terus ini. PO New Shantika sudah kerahkan seluruh armadanya,” tandasnya.

Sedangkan agen penjualan tiket Bus PO Sahalah di Terminal Jati, yakni Miftakhul Alim juga menyampaikan, bahwa harga tiket bus arus balik lebaran sama mahalnya dengan tiket bus arus mudik. Naiknya dua kali lipat dari harga tiket pada waktu biasa.

Baca juga : Ini Harga Tiket Mudik Bus Shantika dari Jabodetabek ke Eks Karesidenan Pati

“Untuk harga tiket Bus Sahaalah sama dengan PO Shantika. Sama juga dibagi tiga kelas. Bus eksekutif harga tiketnya Rp 430 ribu, kelas super eksekutif Rp 460 ribu dan Rp 500 ribu untuk harga tiket sleeper bus. Kami juga ada bus jurusan Bandung, tarif tiketnya Rp 430 ribu,” ujarnya.

Tidak hanya PO bus lama saja yang naik harga tiketnya. Harga tiket Bus PO Pebeje juga mengalami kenaikan. Hal itu diutarakan oleh agen penjualan tiketnya yakni Robin. Dia mengaku saat ini harga tiket bus PO Pebeje ke Jabodetabek Rp 430 ribu.

“Kenaikan harga tiket PO Pebeje itu lebih dari dua kali lipat. Di hari biasa harga tiket Bus PO Pebeje Rp 200 ribu,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER