31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Anak-anak Kecewa, Tahun Baru Imlek Tak Ada Pertunjukan Barongsai

BETANEWS.ID, KUDUS – Puluhan warga tampak mendatangi Klenteng Hok Hien Bio di Jalan Ahmad Yani, Desa Getaspejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Mereka terlihat ada yang berjajar di luar pagar, tapi setelah melihat kertas putih bertuliskan ‘Tidak ada permainan Barongsai Liong’ di tempel dinding pagar, wajah mereka, terutama anak-anak berubah kecewa.

Bahkan untuk memastikan, ada beberapa warga yang masuk klenteng dan bertanya tentang adanya pertunjukan Barongsai tersebut. Satu di antara warga yang mengaku kecewa tidak adanya Barongsai yakni Edi Wijaya. Dia mengatakan, datang ke Klenteng Hok Hien Bio bersama anaknya. Sebab anaknya itu suka dengan atraksi Barongsai.

Beberapa warga berada di depan Klenteng Hok Hien Bio untuk melihat Barongsai. Namun tahun ini tidak ada pertunjukan. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga : Berharap Melimpahnya Rezeki Pada Dewa Bumi di Klenteng Hok Hien Bio

“Anak saya itu suka banget dengan Barongsai, biasanya nonton di Youtube. Ini pas Tahun Baru Imlek datang ke Klenteng Hok Hien Bio ingin melihat langsung, tapi malah tak ada pementasan Barongsai,” ujar pria yang akrab disapa Edi kepada Betanews.id, Selasa (1/2/2022).

Meski begitu, Edi memaklumi kenapa pihak klenteng tak mementaskan pertunjukan Barongsai. Sebab tahun ini juga masih ada pandemi. Dengan tidak adanya pertunjukan Barongsai, ia pun memutuskan untuk pulang ke rumah.

“Karena tak ada pertunjukan ya pulang ke rumah lah mas,” tandas warga Desa Bakalankrapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kudus tersebut.
Kekecewaan yang sama juga diungkapkan oleh warga lainnya yakni Dodi. Menurutnya, pertunjukan Barongsai di Tahun Baru Imlek di Klenteng Hok Hien Bio selama ini bisa memberi hiburan kepada warga terutama anak-anak. Sehingga sangat disayangkan jika Tahun Baru Imlek tahun tak ada permainan Barongsai.

“Ya sangat disayangkan gak ada pertunjukan Barongsai. Sebab anak saya ini rewel ngajak nonton Barongsai, malah tak ada pertunjukannya,” ujar Dodi.

Namun, lanjutnya, demi kebaikan bersama, ditiadakannya pertunjukan barongan dari Negeri Tiongkok adalah pilihan yang terbaik. Apalagi saat ini masih dalam suasana pandemi.

“Demi kebaikan bersama tidak adanya pertunjukan Barongsai adalah yang terbaik. Tapi melihat antusias warga, alangkah ke depannya itu Barongsai bisa diadakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” pinta warga Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Kudus tersebut.

Baca juga : Melihat Prosesi Sembahyang Malam Imlek di Klenteng Tien Kok Sie Solo

Terpisah saat dihubungi melalui sambungan telepone, sesepuh Klenteng Hok Hien Bio yakni Edhi Purwono mengatakan, pada Tahun Baru Imlek tahun ini sesuai anjuran pemerintah tak ada perayaan. Sebab ada larangan kegiatan yang nantinya menimbulkan kerumunan.

“Tahun Baru Imlek tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, tak ada perayaan. Bagi mereka yang ingin datang sembahyang ke kelenteng datangnya gantian agar tak menimbulkan kerumunan,” ujar pria yang akrab disapa Edhi.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER