31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Duh, 11 Ribu Vaksin AstraZeneca di Kudus Terancam Kedaluwarsa Akhir Desember

BETANEWS.ID, KUDUS – Bupati Kudus HM Hartopo mengungkapkan 11 ribu vaksin AstraZeneca di Kudus terancam kedaluwarsa pada akhir Desember ini. Untuk itu, dia meminta Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus untuk mengevaluasi hal tersebut.

“Vaksin di Kudus yang hampir expired itu AZ (AstraZeneca). Ada sekitar 11 ribu,” kata Hartopo usai rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Senin (13/12/2021).

Dalam rakor itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menekankan agar setiap kabupaten yang memiliki vaksin yang mendekati masa kedaluwarsanya agar dihabiskan di bulan Desember ini.

Baca juga: Targetkan Vaksinasi Lansia Capai 70% di Akhir Tahun, Hartopo: ‘Saya Harap Keluarga Ikut Bujuk’

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu Kabupaten Kudus kembali mendapat sorotan dari banyak pihak. Terlebih dikarenakan ada sekitar 4 ribu vaksin jenis AZ yang kedaluwarsa.

Salah satu alasannya karena dropping vaksin ke Kudus yang terlampau mepet dengan masa kedaluwarsa vaksin. Alhasil, ribuan dosis vaksin terpaksa tidak bisa digunakan.

Hal itu menjadi pelajaran bagi Kabupaten Kudus untuk tidak melakukan hal sama kembali. Untuk itu, Hartopo pun meminta bila memang tidak sanggup menghabiskan vaksin, bisa untuk didata. Kemudian bisa disalurkan ke kabupaten lain yang bisa menghabiskan sebelum masa kedaluwarsa.

Baca juga: Ikut Vaksinasi, Warga Kudus Dapat Hadiah Kulkas Hingga Sepeda Motor dari PT Djarum

“Makanya saya suruh untuk evaluasi. Kalau tidak bisa disuntikkan semua, bisa dialihkan ke kabupaten lain yang bisa segera menghabiskan. Jangan sampai ada yang expired,” tegas Hartopo.

Diketahui, secara total capaian vaksinasi di Kabupaten Kudus untuk dosis pertama sudah 74,45 persen setara dengan 492.671 dari total sasaran 665.884 orang. Sementara untuk dosis kedua sudah 355.789 atau 53,77 persen.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER