31 C
Kudus
Selasa, Juni 28, 2022
spot_img
BerandaKUDUSSelain Layangkan Gugatan...

Selain Layangkan Gugatan ke PN Kudus, Nasabah Bank Mandiri Juga Lapor Polda Jateng

BETANEWS.ID, KUDUS – Selain melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN) Kudus atas kasus raibnya tabungan nasabah Bank Mandiri Kudus hingga Rp 5,8 miliar atas nama Moch Imam Rofi’i, warga Desa Jati Wetan, Kabupaten Kudus, Bank Mandiri juga dilaporkan ke Dit Reskrimum Polda Jateng.

Dari keterangan kuasa hukum korban, Musafak, pelaporan tersebut sudah diserahkan di bulan Juni 2021 lalu. Untuk saat ini, pihak penyidik mulai mengumpulkan alat bukti.

Pihaknya berharap kasus ini bisa segara ditemukan tersangkanya. “Penyidik hari ini sedang mengumpulkan alat bukti, termasuk alat bukti dokumen maupun saksi. Semoga harapan kami perkara ini bisa cepat ketemu tersangkanya, pelakunya. Kemudian perkara ini bisa selesai dengan baik,” katanya selepas mengikuti sidang pertama di PN Kudus, Rabu (27/10/2021).

- Ads Banner -

Baca juga : Kasus Raibnya Uang Nasabah Bank Mandiri Kudus Rp 5,8 M Mulai Disidangkan

Untuk laporan ke Polda Jateng, Musafak mengungkapkan, bahwa segala proses ia serahkan ke pihak penyidik.

“Artinya, segala proses pembuktian, pengumpulan bukti, pemeriksaan saksi, kita semua serahkan pada penyidik. Dan ini penyidik lagi on process untuk itu,” terangnya.

Sementara, terkait gugatan di PN Kudus yang sudah mulai disidangkan, Musafak meminta, agar pihak Bank Mandiri buka-bukaan data. Apakah Bank Mandiri ada kesalahan atau tidak dalam perkara ini.

“Misalnya Bank Mandiri ada kesalahan harus mengakui dan sebagaimana statement OJK (Otoritas Jasa Keuangan) kemarin, ketika Bank Mandiri ada kesalahan harus mengganti (uang nasabah yang hilang),” katanya.

Gugatannya masih sama, jelas Musafak, pihak penggugat menyatakan bahwa ada perbuatan melawan hukum yang dilakukan pihak Bank Mandiri. Dengan menuntut pengembalian uang nasabah sebesar Rp 5,8 miliar sebagai kerugian materil. Sementara untuk kerugian inmateril, sebesar Rp 50 miliar.

“Kalau memang nanti Bank Mandiri ada kesalahan di situ dan nyata-nyata itu disengaja, berarti kerugian inmateril itu harus diberikan kepada klien kita. Tetapi kalau kelalaian itu ketidaksengajaan, kita cukup meminta pengembalian (uang nasabah yang hilang) saja,” terangnya.

Pada prinsipnya, ungkap Musafak, pihak penggugat adalah seorang nasabah. Nasabah yang kedudukannya sebagai konsumen di mana Bank Mandiri sebagai pelaku usaha yang bertanggungjawab atas usahanya. Atas uang nasabah yang ada atau yang dikelola, atau yang ditabung di Bank Mandiri sendiri.

Sebelumnya, somasi sudah diajukan pada akhir Bulan September lalu kepada Bank Mandiri. Namun, hingga waktu yang sudah ditentukan tidak ada jawaban dari pihak bank. Akhirnya membuat nasabah mengajukan gugatan.

“Setelah itu baru ada jawaban dari Bank Mandiri. Jawabannya bahwa Bank Mandiri akan mengikuti proses hukum yang ada,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sebagai kuasa hukum, Musafak menceritakan bahwa kliennya atas nama Moch Imam Rofi’I, adalah nasabah Bank Mandiri Kudus yang kehilangan uang tabungan senilai Rp 5,8 miliar.

Pembobolan uang itu diketahui sekitar tanggal 31 Mei 2021 ketika kliennya tersebut hendak mengambil uang tunai di Bank Mandiri Cabang Karanganyar, Demak sebesar Rp 20 juta. Namun\ tidak bisa, sebab ATM kliennya diblokir. Kliennya pun diminta untuk mengganti kartu ATM di Bank Mandiri Kantor Cabang Kudus.

Baca juga : Sidang Pertama Hilangnya Uang Nasabah Bank Mandiri Rp 5,8 M Ditunda

Sesampainya di kantor cabang Kudus, kliennya diminta untuk mengganti ATM baru dan harus mengganti PIN juga. Setelah semua proses dilewati, kliennya bisa menarik uangnya sebesar Rp 20 juta.

Namun tak disangka, saldo tabungan nasabah hanya tersisa Rp 128.680.480,45 padahal seharusnya saldo tersisa adalah Rp 5.948.774.486.

Setelah ditelusuri, diketahui ada transaksi transfer RTGS (real time gross settlement) tanah Bantul dan sawah Bantul serta penarikan tunai dengan total Rp 5.800.090.000. Oleh karenanya PT Bank Mandiri diminta melakukan penggantian uang tersebut.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler