31 C
Kudus
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img
BerandaKUDUSSejarah Kretek Diharapkan...

Sejarah Kretek Diharapkan Masuk Kurikulum Muatan Lokal

BETANEWS.ID, KUDUS – Sejarah tentang kretek di Kabupaten Kudus diharapkan bisa masuk dalam kurikulum muatan lokal. Dengan begitu, sejak dini peserta didik mengetahui sejarah ataupun kebudayaan lokal di Kudus.

“Dengan masuk muatan lokal di sekolah, genarasi muda kita bisa tahu tentang sejarah yang ada di wilayahnya. Khususnya terkait dengan perkembangan industri kretek di Kudus,” ujar Yusron, Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Disbudpar Kudus.

Peserta Seminar Hasil Kajian Koleksi Museum Kretek Kudus. Foto: Kartika Wulandari.

Baca juga : Sosok Nitisemito Diharapkan Bisa Pacu Semangat Entrepreneur Generasi Muda

- Ads Banner -

Menurutnya, tokoh-tokoh yang berkaitan dengan kretek di Kudus cukup banyak. Salah satunya adalah M Nitisemito, yang dijuluki sebagai Raja Kretek.

Tokoh tersebut, menurutnya memiliki peran besar terhadap perkembangan industri rokok di Indonesia. Berbagai benda peninggalan M Nitisemito, katanya, saat ini juga tersimpan sebagai koleksi di Museum Kretek.

“Kemarin kami juga melakukan Seminar Hasil Kajian Koleksi Museum Kretek yang dilakukan selama dua hari, yakni pada tanggal 13-14 September. Tujuannya yaitu memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai ragam koleksi yang dimiliki museum,” ungkapnya.

Sementara itu, Muklis, Guru Sejarah SMKN 2 Kudus mengatakan, ia sangat mendukung penuh adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan Museum Kretek.

Baca juga : Museum Kretek Gelar Seminar Hasil Kajian Barang Peninggalan M Nitisemito

Dengan begitu, sejarah kretek, khususnya terkait sosok M Nitisemito bisa diketahui pelajar sejak dini. Baik mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA hingga ke perguruan tinggi.

“Saya berharap semoga kegiatan sosialisasi yang dilakukan Museum Kretek bisa secara berkelanjutan,” ucapnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
70,075PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler