31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Bupati Kudus Canangkan Omah UMKM

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas UMKM. Dalam rangka memajukan pelaku UMKM, Pemkab Kudus mencanangkan Omah UMKM.

Omah UMKM tersebut, merupakan ‘rumah’ yang berisi alat produksi sampai dengan pengemasan yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM. Rancangan tersebut diungkapkan Bupati Kudus Hartopo, Rabu (29/9/2021).

Baca juga : Gairahkan UMKM Kudus, Pelaku Usaha Akan Dilatih Pemasaran Online

-Advertisement-

Menurut Hartopo, pengembangan UMKM menjadi salah satu program Pemkab Kudus. Dengan adanya Omah UMKM tersebut, diharapkan UMKM bisa naik kelas. Para pelaku usaha mikro difasilitasi dari mulai proses produksi, desain grafis, pengemasan, hingga produk siap untuk dipasarkan. Rencananya, Omah UMKM akan dibangun di area Disnakerperinkop UKM Kudus.

“Kami telah sepakat bersama Bapak Ketua DPRD untuk membangun Omah UMKM untuk para pelaku usaha mikro. Fasilitasi ini untuk memajukan UMKM Kudus,” paparnya.

Sampai saat ini, progres Omah UMKM sedang dikoordinasikan dengan pihak terkait. Pembangunan Omah UMKM masih digodog di DPRD Kudus. Disnakerperinkop UKM pun sedang berkomunikasi dengan Bappeda terkait pengadaan alat. Hartopo mengungkapkan Omah UMKM dapat terealisasi paling cepat pada 2022.

“Kemungkinan Omah UMKM benar-benar terealisasi pada 2022. Ini masih dalam proses merintis,” ucapnya.

Baca juga : Hartopo Minta ASN Ikut Promosikan Produk UMKM dari Kudus saat Kunker

Selain itu, Hartopo pun meminta Disnakerperinkop UKM Kudus memberikan bantuan berupa alat setelah calon pelaku usaha mikro selesai pelatihan. Sehingga terdapat tindak lanjut dari pelatihan. Bantuan berupa uang modal dapat digunakan untuk membeli bahan-bahan produk.

“Kalau bisa, peserta pelatihan dibantu alat, sehingga ada tindak lanjut dari pelatihan,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER