31 C
Kudus
Kamis, Juni 30, 2022
spot_img
BerandaBISNISPot Tanaman Hias...

Pot Tanaman Hias yang Cantik Ini Ternyata Terbuat dari Botol Plastik Bekas

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria terlihat sedang merakit kawat yang sudah dililiti benang warna kuning. Ia membentuknya menjadi kerangka, yang kemudian akan disatukannya dengan botol plastik untuk dijadikan pot tanaman hias. Pria itu adalah Taufiq Noor Hidayat (29) pengrajin pot hias.

Taufiq menjelaskan, di rumahnya yang berada di Dukuh Tempel, Kelurahan Wergu Wetan RT 1 RW 2, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus itu, ia memulai usahanya dengan belajar secara otodidak dari Youtube. Setelah yakin dengan hasil karyanya, ia kemudian memasarkannya lewat media sosial.

Taufiq sedang membuat pot dari botol bekas. Foto: Kartika Wulandari.

“Selain untuk mengisi waktu luang, saya juga ingin mengurangi sampah plastik dengan mendaur ulangnya menjadi sebuah kerajinan,” ucapnya Selasa (10/8/2021).

- Ads Banner -

Baca juga: Pot Bunga Buatan Warga Undaan Ini Laris Manis, Garansi Ganti Baru Jika Cepat Rusak

Dalam membuat kerajinan pot hias ini, Taufiq hanya menggunakan botol mineral bekas, kawat, benang katun, kardus bekas, dan lem tembak. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembuatan satu pot hanya satu jam saja.

Untuk langkah pembuatannya pun cukup mudah. Pertama, taufiq memotong botol air mineral sesuai pola dan ukuran. Kemudian ia pun melilitkan tali atau benang katun ke botol plastik yang sudah diberi lem. Pembuatannya tiangnya juga menggunakan tali katun untuk dililitkan ke kawat yang nantinya akan disatukan dengan pot.

“Untuk prosenya mudah saja. Tetapi saat ini kesulitanya adalah untuk mencari bentuk-bentuk pot agar semakin variatif,” jelasnya.

Taufiq juga menjelaskan, pot hias tanaman minimalis buatannya cocok digunakan untuk tanaman plastik ataupun tanaman hidup yang berukuran minimalis, seperti kaktus, anggrek ukuran kecil, ataupun tanaman lainnya.

Baca juga: Permintaan Ikan Koi di Damar Koi Center Naik Hingga 80 Persen di Masa Pandemi

“Untuk tanaman hidup juga bisa, karena sudah saya kasih lubang di bagian bawahnya,” ujarnya.

Dalam sebulan ini, ia sudah berhasil menjual beberapa pot hiasnya itu. Harganya pun cukup terjangkau hanya Rp 35 ribu sudah bisa mendapatkan pot dengan ukuran tinggi sekitar 40 sentimeter.

“Untuk pilihan warnanya, sejauh ini ada warna coklat, kuning, dan biru. Saya juga menerima bentuk pesanan mau seperti apa potnya,” tukasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler