31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Puluhan Penumpang di Terminal Jati Kudus Dites Rapid Antigen

BETANEWS.ID, KUDUS – Puluhan orang tampak antre menunggu giliran untuk dites rapid antigen di Terminal Tipe A Jati Kudus. Kegiatan tersebut dilakukan untuk pencegahan penularan Covid-19 pada penumpang kendaraan umum.

Kasi Pelayanan dan Pembiayaan Kesehatan pada Dinas Kesehatan kabupaten Kudus, Apri Hadi Suryo Putro menjelaskan, pihaknya melakukan tracing Covid-19 pada penumpang, dengan menyiapkan 50 sampling rapid antigen.

Penumpang bus di Terminal Jati Kudus saat mengisi data diri untuk menjalani tes rapid antigen. Foto: Ahmad Rosyidi.

“Ini kami lakukan tes rapid perjalanan. Untuk samplingnya 50 orang yang dirapid antigen secara gratis. Selain itu kami juga menyiapkan Viral Transport Medium (VTM) Swab sejumlah 50,” katanya, Sabtu (2/1/2021).

Baca juga: Tak Ingin Jadi Klaster Covid-19, Petugas Terminal Jati Kudus Diswab Setiap Dua Pekan

Nantinya, warga yang reaktif akan langsung diswab. Bagi warga yang mau menunggu hasilnya bisa menunggu sekitar 15 menit. Jika terburu-buru dan tidak sempat menunggu hasil, pihaknya akan menghubungi Dinas Kesehatan di mana orang itu tinggal agar ada tindak lanjut.

“Untuk tracing Corona ini, jika hasilnya reaktif dilanjutkan dengan test PCR. Dan kami akan menghubungi Dinas Kesehatan di mana sesuai tempat penumpang tinggal,” terangnya,

Dalam legiatan tersebut, pihaknya menerjunkan empat orang tenaga kesehatan. Selain itu juga dibantu dari pihak Puskesmas Jati dan Ngembal Kulon.

Baca juga: Setiap Hari, Petugas Terminal Jati Kudus Masih Temukan Puluhan Warga Tak Bermasker

Sementara itu, Reno Adi Pribadi (43), selaku Koordinator terminal menambahkan, selain bersama Dinas Kesehatan Kudus, ada juga bantuan dari pihak Kepolisian, TNI, dan Satpol PP. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua jam mulai pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

“Selain DKK, kami juga menerjunkan 15 petugas, kemudian dari Polsek 3 petugas, Koramil 2 petugas dan Satpol PP 2 petugas,” tuntasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER