31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Kemendag Dorong Pemkab Kudus Maksimalkan Pemanfaatan SRG untuk Petani

BETANEWS.ID, KUDUS – Kementerian Perdagangan mendorong Pemerintah Kabupaten Kudus untuk lebih memanfaatkan fasilitas Sistem Resi Gudang (SRG). Menurutnya, banyak manfaat yang bisa didapatkan petani jika menggunakan SRG ini.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan, SRG memiliki manfaat yang besar bagi para petani di Kudus. Di mana sistem ini dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk menyimpan komoditas gabah para petani.

“Jadi kalau harga turun bisa disimpan. Nanti bisa dijual dengan harga yang memungkinkan dan potensial,” ungkapnya saat melakukan kunjungan kerja ke Kudus, Selasa (26/1/2021).

Baca juga: Gegara Awalnya Banyak yang Enggan Buat, 9.362 Petani Kudus Kini Belum Miliki Kartu Tani

SRG di Kudus, menurut Jerry, semuanya sudah bagus. Namun, pihaknya meminta agar Kabupaten Kudus bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan SRG.

“Yang penting pemanfaatannya saja itu dioptimalkan dan bisa dirasakan oleh masyarakat. Bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah itu hadir untuk memberikan pelayanan masyarakat,” jelas Jerry.

Bukan hanya itu, terkait pencairan SRG yang pernah mengalami kesusahan, Jerry mendorong pemkab kudus untuk bekerjasama dengan bank daerah yakni BPD Jateng. Harapannya, ini mampu membuat perekonomian semakin maju begitupun untuk perdagangan daerah.

“Saya pikir kalau ini bisa tercapai, akan semakin maju perekonomian dan perdagangan di daerah,” katanya.

Baca juga: Pasar Bibit Padi Babalan Kudus, Langganan Petani di Hampir Separuh Wilayah Jateng

Jerry juga menjamin Kemendag akan selalu ada untuk membantu jika para petani merasa kesulitan dalam memanfaatkan SRG ini.

“Nah, kami siap dari Kementerian Perdagangan untuk men-support yang menjadi kendala, apapun yang menjadi hambatan, rintangan, kami siap bersama Pak Bupati berkomitmen untuk membantu,” pungkas Jerry.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER