31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Perbaikan Rampung, Sementara Kendaraan Tonase 15 Ton Diminta Tak Lewati Jembatan Honggosoco

BETANEWS.ID, KUDUS – Perbaikan Jembatan Braholo di Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus telah selesai pekan lalu. Jembatan yang diperbaiki dengan anggaran APBD 2020 senilai Rp 250 juta sudah bisa dilewati kendaraan.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Kudus Harry Wibowo menuturkan, jembatan tersebut progres pembangunannya sudah 100 persen. Namun pihaknya meminta untuk truk yang tonasenya lebih dari 15 ton jangan lewat dulu.

Baca juga : Dibangun Kudus City Walk, Mulai Malam Ini PKL Pekojan Dipindah

-Advertisement-

“Umur beton sekarang sudah 26 hari, kekuatannya 90 persen. Untuk maksimalnya 28 hari sampai 30 hari,” tuturnya Selasa (8/9/2020).

Namun untuk kendaraan mobil pribadi hingga tonase kurang dari 15 ton dipersilakan untuk melewati jembatan tersebut.

“Jadi sementara ini memang menghindari truk-truk berat pengangkat material. Over tonase maupun over dimensi. Ini masih kami tutup sebagian,” tuturnya.

Harry menjelaskan, Jembatan Braholo diperbaiki karena kondisi beton memang harus diganti. Selain itu, posisi tulangnya juga sudah berkarat.

Baca juga : Resmi Diluncurkan, Naik Bus Trans Jateng Purwomanggung Gratis Selama Sembilan Hari

“Jembatan ini memang sering dilewati kendaraan-kendaraan besar. Selain itu, selimut beton sudah lepas semua. Jadi harus kami bongkar. Untuk gelagar juga kami tata,” terangnya.

Dengan diperbaikinya Jembatan Braholo, umur jembatan akan bertambah sekitar tiga hingga lima tahun ke depan. Jembatan tersebut juga akan kembali kepada fungsinya yang sama yakni jembatan kelas tiga. “Jembatan kelas tiga itu maksimal tonase 15 ton,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER