31 C
Kudus
Jumat, April 19, 2024

Pengerjaan Seksi II Tol Semarang-Demak Ditarget Selesai 2021

BETANEWS.ID, DEMAK – Meski pembangunan jalan tol Semarang-Demak seksi II secara keseluruhan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2022, namun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap ada percepatan pembangunan. Saat ini, pengerjaan pembangunan jalan tol tersebut telah mencapai 8 persen

Seksi II pembangunan jalan tol Semarang-Demak tersebut sepanjang 16 kilometer, membentang dari Kecamatan Sayung sampai Demak kota. Saat meninjau pengerjaan di seksi II itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo nampak mengecek beberapa pengerjaan, dari pemasangan tiang pancang sampai proses pengurukan.

“Kita pastikan pengerjaan ini berjalan. Kita harapkan selain memperlancar transportasi juga menyelesaikan beberapa bagian yang terkena rob. Itulah yang dulu kita bicarakan sangat lama. Dan progresnya bagus,” kata Ganjar, Rabu (1/7/2020).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau pengerjaan seksi II pembangunan jalan tol Semarang-Demak, Rabu (1/7/2020). Foto: Ist

Baca juga : Ratusan Rumah Tergenang Akibat Rob, Bupati dan Walikota Diminta Turun Bantu Warga

Sebagaimana diketahui, pengerjaan jalan tol dengan total panjang 27 km tersebut terbagi dalam dua seksi. Yakni seksi 1 berada di ruas Semarang-Sayung sepanjang 10,69 km dan seksi II sepanjang 16,31 km yang membentang dari Sayung sampai Demak kota dan ditargetkan selesai pengerjaan fisiknya pada akhir 2021.

Untuk pengerjaan di seksi II, Ganjar sangat mengapresiasi progres pengerjaan yang telah mencapai 8 persen. Karena pengerjaan baru dilakukan awal tahun ini. Apalagi selama proyek berlangsung, kegiatan perekonomian masyarakat sekitar juga ikut tumbuh. Ganjar berharap target selesai pengerjaan di pertengahan tahun 2022 bisa dicapai.

“Selagi kita bekerja, kita juga menghidupkan ekonomi warga sekitar. Progres pembangunan sudah 8 persen. Kita sudah bisa mulai melihat fisiknya. Target selesai pertengahan 2022, tapi Pak Presiden minta ada percepatan,” katanya.

Baca juga: Warga Terdampak Banjir Rob di Pekalongan Dapat Bantuan dari Pemprov Jateng

Sementara untuk seksi I, yang bakal memiliki desain tanggul laut, Ganjar mengatakan, prosesnya masih terkendala pembebasan lahan. Karena 70 persen lahannya tergenang.

“Dari BPN yang sedang mengkaji status tanah itu. Masyarakat tidak usah khawatir semua akan diajak bicara,” katanya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER