31 C
Kudus
Senin, Agustus 2, 2021
spot_img
BerandaKUDUSSi Jago Merah...

Si Jago Merah Mengamuk di Istana Ban Kudus, Jalur Pantura Lumpuh

BETANEWS.ID, KUDUS – Bau karet terbakar menyengat di Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kudus, Rabu (3/6/2020) malam. Bau tersebut datang dari gudang ban yang terbakar di tepi jalur pantura Jalan Kudus-Pati. Gudang yang menyimpan banyak ban tersebut milik toko Istana Ban, Kudus.

Puluhan petugas pemadam kebakaran terlihat berjibaku melawan kobaran si jago merah. Ban yang terbuat dari karet membuat api sulit dipadamkan. Meski telah dikerahkan 10 armada lebih dan sekitar satu jam tim pemadam berusaha, kobaran api tak juga bisa ditaklukkan.

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di gudang Istana Ban, Kudus. Foto: Rabu Sipan

Bimo Aryo Tedjo, Kasi Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kudus mengatakan, yang terbakar itu merupakan gudang ban dan velg mobil milik toko Istana Ban. Menurutnya kejadian kebakaran sekitar pukul 18.30 WIB. Setelah mendapat informasi kebakaran, dia bersama tim langsung menuju tempat kejadian.

- Ads Banner -

“Kalau sebab kebakarannya kami tidak tahu pasti. Sesampai tempat kejadian api sudah besar. Kami pun sekuat tenaga untuk memadamkan api,” ujar Bimo kepada Betanews.id.

Dia mengatakan, proses pemadaman dibantu tim pemadam kebarakan dari PT Djarum, PT Nojorono, PT Pura Barutama serta dari tim pemadan kebakaran Kabupaten Pati. Menurutnya, api sulit ditaklukkan karena ban terbuat dari karet yang mudah terbakar.

Video kebakaran gudang Istana Ban di Kudus.

“Ini tadi kami sudah megerahkan 10 armada pemadam kebakaran tapi belum bisa padam. Perkiraan saya membutuhkan lebih dari 20 armada untuk memadamkan kebakaran ini. Semoga saja api bisa cepat padam,” harapnya.

Baca juga: Kiosnya di Pasar Kliwon Terimbas Kebakaran, Kini Nurul Justru Punya Dua Tempat Berjualan

Sementara itu, Sucipto pemilik bengkel tambal ban yang berlokasi di seberang jalan tempat kebakaran tersebut, mengaku tidak tahu sebab kebakaran. Menurutnya, tambal ban miliknya tutup pada pukul 18.00 WIB. Kemudian dia pulang ke rumahnya yang masih satu desa dengan tempat kejadian.

“Saya malah kaget ada apa kok ramai-ramai. Ternyata malah ada kebakaran. Saya tidak tahu sebab dan waktu kejadiannya. Kalau yang kebakar itu gudang ban dan velg ban milik Istana Ban,” jelasnya.

Jalur Pantura Macet Total

Akibat kejadian tersebut, lalu lintas di jalur pantura itu macet total. Pihak kepolisian harus menutup jalan agar tim pemadam kebakaran bisa bergerak memadamkan api. Akibatnya, puluhan kendaraan berat dan truk terjebak macet. Antrean kendaraan bahkan terpantau mengular hingga lampu merah Ngembal.

Baca juga: Tak Ada Petugas Satupun Tangani Kemacetan di Sayung, Ganjar Turun Langsung Atur Lalulintas

Kasatlantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandega mengatakan, kebakaran mengakibatkan arus lalu lintas Jalan Raya Kudus-Pati macet total. Untuk mencoba meminimalisir kemacetan, pihaknya merekayasa jalur lalu lintas untuk kendaraan roda dua dan mobil pribadi.

“Semua (motor dan kendaraan pribadi) kami arahkan ke selatan ke Desa Jepang, Mejobo Kudus. Kalau ke barat bisa tembus jalan lingkar, yang ke timur bisa tembus Kabupaten Pati. Sedangkan truk dan kendaraan besar lainnya terpaksa harus nunggu sampai proses pemadaman selesai,” jelasnya.

Editor: Suwoko

Lipsus 6 - Demak Tenggelam dan Kembalinya Selat Muria

Tinggalkan Balasan

30,114FansSuka
14,822PengikutMengikuti
4,331PengikutMengikuti
48,437PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler